Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rekomendasi Obat Sesak Nafas Alami Hingga Karena Batuk

Rekomendasi Obat Sesak Nafas Alami Hingga Karena Batuk

Sesak nafas (dispnea) merupakan sebuah gangguan sistem pernapasan akibat gangguan pada jantung dan paru-paru, sehingga terjadi hambatan dalam proses pengangkutan oksigen ke seluruh tubuh.

Sesak nafas kerap dikaitkan dengan beberapa kondisi kesehatan, seperti nyeri di bagian dada, batuk, pusing serta kelelahan. Sesak nafas bisa juga menjadi salah satu gejala dari beberapa gangguan kesehatan yang mungkin kita alami, seperti pilek atau obesitas. 

Kebiasaan merokok pun dapat menyebabkan sesak nafas. Banyak juga beberapa penyakit serius yang ditandai dengan gejala sesak nafas, salah satunya adalah kanker paru.

Obat Sesak Nafas Alami

Untuk mengatasi sesak nafas, kita dapat menggunakan obat sesak nafas berbahan dasar bahan-bahan alami sebagai berikut.

Kopi

Sebuah hasil penelitian menemukan bahwa kafein dalam kopi dapat membantu otot-otot saluran pernapasan untuk lebih rileks. Oleh karena itu, fungsi paru-paru akan membaik dan membuat pernapasan lebih lancar. Namun, ingat! Tidak semua sesak nafas dapat teratasi dengan mengonsumsi kopi, ya!

Eukaliptus

Kandungan zat aktif cineole dalam daun eukaliptus dipercaya dapat memberikan efek mukolitik, bronkodilator serta dapat mengurangi peradangan. Sehingga, tanaman ini memiliki potensi untuk meredakan PPOK dan asma yang sering menjadi gejala sesak nafas.

Apel

Ternyata, apel juga dapat kita manfaatkan sebagai obat sesak nafas alami, lho! Buah-buahan kaya anti-oksidan, terutama buah apel ini diyakini dapat memperbaiki kerusakan paru-paru, terutama pada orang-orang yang dulu menjadi perokok aktif.

Selain karena merokok, kerusakan paru-paru juga sering dikaitkan dengan penyakit jantung, PPOK, dan kanker paru yang dapat meningkatkan risiko terjadinya gejala sesak nafas.

Obat Sesak Nafas di Apotik

Selain obat herbal, kita bisa mengatasi gejala sesak nafas dengan obat yang tersedia di apotik-apotik terdekat.

Obat Kortikosteroid

Obat sesak nafas satu ini bekerja menekan produksi jumlah lendir dan mengurangi terjadinya pembengkakan. Dengan demikian, gejala sesak nafas akan yang penderita asma dapat segera mereda karena proses keluar-masuknya udara menjadi lebih mudah.

Salah satu obat sesak nafas yang dapat kita beli di apotik tanpa resep dokter adalah hidrokortison dosis rendah. Namun, obat-obatan jenis ini hanya boleh digunakan dalam jangka pendek.

Bronkodilator

Fungsi dari bronkodilator ialah untuk melebar saluran pernapasan dan membuat otot-otot paru serta saluran napas menjadi rileks. Terdapat dua jenis obat bronkodilator yang paling umum, yaitu Beta-2 Agonist dan Antikolinergik.

Obat Alergi

Apabila sesak nafas diakibatkan oleh alergi, mungkin kita membutuhkan obat alergi yang mengandung antihistamin dan dekongestan. Selalu siap sedia obat alergi ke mana pun dan dan di mana pun kita pergi, agar saat alergi itu muncul, gejala asma dapat kita cegah.

Obat ini merupakan obat sesak nafas di apotik yang tidak memerlukan resep dokter. Tetapi, kita harus tetap meminumnya sesuai dengan aturan pakai yang tercantum.

Baca Juga : Jenis-jenis obat yang berguna untuk menderita asam lambung!

Obat Sesak Nafas Karena Batuk

Seperti yang telah artikel sebutkan sebelumnya, sesak nafas juga dapat disertai oleh batuk. Berikut beberapa cara atau obat sesak nafas untuk mengatasinya.

Gunakan Minyak Kayu Putih

Sesak nafas akibat batuk berdahak dapat kita atasi dengan minyak kayu putih. Caranya, oleskan minyak pada seputar dada yang berfungsi untuk menghangatkan tubuh serta melancarkan pernapasan lebih lega.

Menghirup Uap Panas

Menghirup uap panas yang telah ditambahkan minyak kayu putih sangat baik untuk melancarkan pernapasan dan menyembuhkan sesak nafas. 

Sehingga, jika mengalami sesak nafas karena batuk berdahak, segera tuang air panas ke dalam wadah lalu masukkan minyak kayu putih. Hirup uapnya hingga gejala sesak nafas mereda.

Membenarkan Posisi Tidur

Cara atau obat sesak nafas karena batuk berikutnya adalah membenarkan posisi tidur. Tidurlah dalam posisi terlentang untuk menjaga jantung memompa darah dengan lancar, sehingga saluran pernapasan tetap dalam kondisi normal.

Post a Comment for "Rekomendasi Obat Sesak Nafas Alami Hingga Karena Batuk"

RajaBackLink.com