Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rekomendasi Obat Flu Alami Hingga Yang Aman Untuk Ibu Hamil

Rekomendasi Obat Flu Alami Hingga Yang Aman Untuk Ibu Hamil

Iklim dan cuaca di Indonesia semakin tidak menentu dan sulit diprediksi. Musim pancaroba yang sering sekali membawa kuman, bakteri, virus yang mengakibatkan munculnya berbagai penyakit yang mengancam kesehatan tubuh, seperti batuk, radang maupun flu.

Kalau sudah begitu, kita pasti ingin segera sembuh dari sakit dan kembali ke kondisi semula. Meski kelihatannya remeh, penyakit tersebut sangat berpengaruh terhadap produktivitas kita sehari-hari. Jangan pelihara flu terlalu lama dalam tubuh dan menganggu aktivitas.

Istirahat yang cukup, mengonsumsi vitamin, makan dengan nutrisi yang tepat serta meminum obat flu merupakan beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengusir penyakit flu dari tubuh kita.

Obat Flu dan Batuk

Apabila mengalami gejala batuk pilek karena flu yang cukup berat, konsumsi obat flu dan batuk untuk meredakannya. Obat-obatan tersebut bisa kita beli bebas di apotik tanpa anjuran dokter. Rekomendasi kandungan obat flu dan batuk yang bisa coba ialah sebagai berikut.

  • Ekstrak akar manis (succus liquiritiae extract) yang mampu redakan batuk dan sakit tenggorokan.
  • Paracetamol, guna meredakan demam dan nyeri pada tubuh karena flu.
  • Amonium klorida, berfungsi untuk mengencerkan dahak dan lendir agar lebih mudah kita keluarkan.
  • Ephedrine HCl dan Chlorphenamine Maleate yang mampu meredakan pilek dan hidung tersumbat akibat flu atau alergi/iritasi pada saluran pernapasan.

Pastikan lagi untuk membaca petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasaan saat mengonsumsi obat flu dan batuk tersebut. Minum obat sesuai aturan pakai dan anjuran dosis yang ada.

Obat Flu Alami

Selain obat berbahan kimia, kita juga bisa mengonsumsi obat flu yang berbahan dasar herbal atau alami yang mudah kita jumpai.

Bawang Putih

Dalam beberapa penelitian, telah terbukti bahwa bawang putih mempunyai efek anti-virus  dan kandungan minyak allicin (senyawa yang memberikan bau khas bawang putih) yang bisa mencegah flu atau pilek, dan mempercepat penyembuhan penyakit. 

Caranya, bisa kita campurkan dalam masakan atau tumbuk halus satu siung bawang putih, lalu tambahkan air panas untuk menguapi wajah selama kurang lebih 10 menit.

Minyak Esensial

Selanjutnya, bahan alami yang bisa kita coba untuk mengatasi gejala flu adalah minyak esensial. Sebuah artikel menunjukkan bahwa tea tree oil dapat membantu melawan infeksi virus flu dengan cara memperlambat perkembangbiakan virus tersebut. 

Selain itu, essential oil lain yang mengandung zat anti-bakteri dan anti-virus antara lain minyak cinnamon, minyak oregano, minyak eukaliptus, minyak peppermint, dan minyak lemon.

Teh Herbal

Dengan mengonsumsi teh herbal yang mengandung zat anti-virus dan anti-bakteri seperti teh hijau, teh jahe, dan teh ada manis akan membantu sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik untuk melawan infeksi virus, termasuk virus influenza.

Kita juga bisa mencampurkan teh herbal dengan madu karena memberikan manfaat yang maksimal sebagai obat flu alami.

Kabar Menarik : Inilah daftar obat batuk yang ampuh dalam meredakannya! 

Obat Flu Untuk Ibu Hamil

Bagi ibu hamil yang terkena flu, berikut beberapa kandungan obat yang atasi flu dan aman untuk dikonsumsi.

Paracetamol

Obat satu ini aman untuk ibu hamil konsumsi, namun hanya efektif untuk meredakan gejala flu seperti demam, sakit kepala, nyeri otot, dan badan pegal-pegal. Perhatikan aturan pakai dan anjuran dosis sebelum mengonsumsi paracetamol sebagai obat flu.

Antihistamin

Dextromethorphan dan obat ekspektoran yang mengandung guaifenesin juga aman untuk ibu hamil konsumsi saat flu menyerang. Jika penyebab flu karena alergi, ibu hamil bisa mengonsumsi obat antihistamin seperti Benadryl dan Claritin yang juga tergolong aman.

Obat Antivirus

Umumnya, obat antivirus termasuk aman untuk ibu hamil konsumsi saat flu. Obat ini harus ada resep dokter dan efektif untuk ibu hamil konsumsi dalam kurun waktu dua hari setelah gejala flu muncul.

Obat antivirus juga bisa mencegah komplikasi flu yang serius seperti pneumonia. Obat yang sering dokter resepkan adalah oseltamivir oral sebagai obat flu untuk ibu hamil.


Post a Comment for "Rekomendasi Obat Flu Alami Hingga Yang Aman Untuk Ibu Hamil"

RajaBackLink.com