Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beberapa Obat yang Dapat Mengatasi Radang Tenggorokan

Beberapa Obat yang Dapat Mengatasi Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan merupakan suatu peradangan yang terjadi pada tenggorokan akibat infeksi. Ketika tengah mengalami kondisi seperti itu, penderita akan merasa sakit di bagian tenggorokan hingga kesulitan untuk menelan. 

Pada umumnya, penyebab radang tenggorokan adalah infeksi bakteri. Namun ada beberapa penyebab radang tenggorokan yang lain, di antaranya infeksi virus atau reaksi alergi tubuh terhadap alergen serta iritasi di dalam tenggorokan karena naiknya asam lambung ke esofagus.

Berikut ini beberapa cara mengatasi radang tenggorokan, baik dengan obat resep dokter ataupun menggunakan bahan-bahan alami.

Obat Radang Tenggorokan Paling Ampuh

Jika radang tenggorokan sudah menyerang, kita perlu segera mengobatinya. Berikut ini merupakan daftar obat radang tenggorokan paling ampuh yang dapat kita coba.

Efisol Lozenges

Obat pertama bernama Efisol Lozenges, merupakan obat yang dapat mengatasi masalah infeksi atau radang yang terjadi pada mukosa mulut, amandel, dan tenggorokan. Obat ini tersedia dalam bentuk tablet hisap dan juga dalam bentuk cair yang dapat dilarutkan dalam air.

Cooling 5 Spray

Cooling 5 Spray adalah obat radang tenggorokan dalam bentuk semprot yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan, iritasi ringan, serta nyeri akibat sariawan. Kandungan Phenol di dalamnya berperan sebagai antiseptik untuk membunuh kuman, bakteri, dan virus yang menjadi penyebab sakit tenggorokan.

Methylprednisolon

Methylprednisolon ini adalah jenis obat kortikosteroid yang mampu mengurangi peradangan. Obat ini tersedia dalam bentuk tablet atau suntikan. Karena tergolong dalam obat-obatan keras, kita hanya dapat mendapatkan methylprednisolon dengan resep dokter.

Obat Radang Tenggorokan Alami

Sebagai pertolongan pertama mengobati radang tenggorokan, kita dapat memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di rumah. Berikut uraiannya.

Air garam

Salah satu obat radang tenggorokan yang mudah kita buat di rumah adalah air garam. Cukup campurkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Kemudian, aduk sampai rata.

Setelah itu, gunakan untuk berkumur dengan posisi kepala menengadah untuk beberapa saat, lalu muntahkan air garam tersebut.

Madu

Banyak orang yang mempercayai madu sebagai obat alami yang mampu meredakan sakit tenggorokan, baik dicampur dengan teh atau kita minum secara langsung. Sebuah studi juga menyebutkan bahwa madu juga efektif untuk meredakan batuk pada anak-anak yang terkena infeksi saluran pernapasan bagian atas (ISPA).

Teh hangat

Mengonsumsi teh hangat jenis apapun, baik herbal atau non herbal, dapat menjadi salah satu obat radang tenggorokan alami yang membantu meredakan sakit tenggorokan. Antioksidan yang ada di dalam teh dianggap mampu memperkuat kekebalan tubuh serta membantu menangkal infeksi.

Baca Juga: Inilah beberapa daftar obat untuk penyakit asam lambung!

Obat Radang Tenggorokan Akut

Umumnya, radang tenggorokan akut hanya terjadi dalam beberapa waktu saja. Berikut ini beberapa langkah yang dapat membantu meringankan radang tenggorokan akut.

Banyak minum air putih

Gejala radang tenggorokan akan semakin parah akibat kekurangan cairan atau dehidrasi, sehingga kita perlu banyak minum untuk mengurangi peradangan. Selain air putih, kita juga dapat mengonsumsi minuman hangat seperti teh chrysanthemum agar tenggorokan terasa lebih nyaman.

Mengonsumsi makanan lembut

Saat mengalami radang tenggorokan, pilih jenis makanan yang lembut agar tidak melukai tenggorokan yang sedang meradang. Contohnya seperti sup, bubur ayam, atau nasi tim yang tidak terlalu panas.

Menghirup udara lembap

Udara yang lembap akan membantu membersihkan lendir dan cairan akibat peradangan. Hindari terlalu lama di ruangan ber-AC atau gunakan pelembap udara (humidifier). 

Jika radang tenggorokan masih berlanjut, kita perlu berkonsultasi dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Biasanya, dokter akan meresepkan obat antibiotik sebagai obat radang tenggorokan akut.

Nah, itulah beberapa rekomendasi obat radang tenggorokan apabila kita mengalaminya. Semoga bermanfaat!

Post a Comment for "Beberapa Obat yang Dapat Mengatasi Radang Tenggorokan"

RajaBackLink.com