Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berikut Ini Ada Obat Untuk Mengatasi Asam Lambung

Macam-Macam Obat Untuk Atasi Asam Lambung

Cara termudah dan cepat untuk mengatasi penyakit asam lambung ialah dengan cara mengonsumsi obat asam lambung. Namun, sebaiknya penggunaan obat ini harus sesuai dengan penyakit asam lambung yang kita derita. 

Di bagian bawah kerongkongan, terdapat katup yang mempunyai tugas untuk memudahkan masuknya makanan serta minuman ke lambung. Katup tersebut akan menutup secara alami supaya isi dan cairan lambung tidak naik ke kerongkongan dan mulut.

Pada saat kondisi tertentu, katup kerongkongan dapat melemah yang berakibat katup tidak menutup dengan sempurna, sehingga isi dan cairan asam lambung mudah naik ke kerongkongan. Kondisi itulah yang kita kenal dengan sebutan penyakit asam lambung atau Gastroesophaegal reflux disease (GERD).

Obat Asam Lambung Alami Tradisional

Terdapat beberapa obat asam lambung alami tradisional yang mudah kita temukan, bahkan di dapur rumah. Berikut ulasannya.

Daun Kemangi

Daun kemangi dapat membantu kita untuk mengatasi asam lambung dengan cepat. Kita dapat memakan beberapa daun kemangi atau merebus 3 – 4 daun kemangi dalam satu cangkir air, lalu tunggu hingga mendidih.

Adas

Kita dapat menyeduh adas menjadi teh untuk mencegah terjadinya asam lambung. Selain itu, teh adas juga dapat membantu gangguan pencernaan dan kembung karena minyak yang terkandung dalam biji adas tersebut.

Kayu Manis

Bumbu dapur satu ini nyatanya dapat menjadi antasid alami sebagai obat asam lambung serta dapat menenangkan perut, dengan cara meningkatkan pencernaan dan penyerapan. Caranya, minumlah teh kayu manis untuk menyembuhkan infeksi pada saluran pencernaan.

Buah Obat Asam Lambung

Sebuah studi menunjukkan bahwa beberapa buah-buahan ini efektif mengurangi jumlah asam yang ada di lambung. Apa saja ya jenis buah obat asam lambung yang harus kita tahu?

Pisang

Pisang merupakan buah dalam golongan alkali atau makanan dengan pH yang tinggi. Itu sebabnya, sifat basa dalam buah ini akan membantu menurunkan asam lambung dengan cepat.

Melon

Salah satu studi menunjukkan bahwa buah melon merupakan buah yang rendah asam, serta masuk dalam salah satu makanan terbaik untuk menurunkan asam lambung. Jadi, buah ini sangat cocok menjadi obat asam lambung.

Semangka

Hampir 95% kandungan semangka adalah air, sehingga semangka sangat membantu untuk meredakan asam lambung. Karena, makanan yang mengandung air dapat menetralisir asam di lambung.

Pepaya

Buah satu ini juga termasuk buah yang rendah asam, sehingga dapat membantu meredakan asam lambung. Pepaya pun mengandung vitamin C dan karoten yang dapat menjadi zat antioksidan.

Info Penting : Inilah beberapa obat yang bagus untuk pereda sakit gigi!

Obat Asam Lambung Resep Dokter

Setelah mengetahui obat asam lambung alami dan yang berasal dari buah-buahan, berikut ini merupakan rekomendasi obat asam lambung yang dokter resepkan kepada pengidap.

Antagonis H2

Nama lainnya adalah histamine 2 blocker, merupakan jenis obat-obatan yang berfungsi untuk mengurangi produksi asam di lambung.

Antagonis H2 bekerja lebih lambat, namun dapat meredakan gejala asam lambung untuk jangka waktu yang lebih lama. Obat satu ini juga dapat untuk mengobati penyakit tukak lambung, gastritis (radang lambung), dan sakit maag.

Prokinetik

Prokinetik merupakan jenis obat asam lambung resep dokter yang dapat membantu mengosongkan lambung lebih cepat, serta menjaga fungsi katup di antara lambung dan kerongkongan agar isi atau cairan lambung tidak mudah naik ke kerongkongan.

Proton pump inhibitor

Proton pump inhibitor atau penghambat pompa proton ini adalah jenis obat-obatan yang berfungsi untuk menurunkan asam lambung. Obat ini sering digunakan untuk mengobati beberapa gangguan lambung dan kerongkongan akibat asam lambung, seperti esofagitis dan tukak lambung. 

Post a Comment for "Berikut Ini Ada Obat Untuk Mengatasi Asam Lambung"

RajaBackLink.com