Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beberapa Saran Obat Batuk yang Ampuh dan Langsung Sembuh dalam Beberapa hari

Rekomendasi Obat Untuk Atasi Batuk

Batuk merupakan sebuah respon alami dari tubuh sebagai bentuk pertahanan mengeluarkan zat dan partikel dari dalam saluran pernapasan. Tenggorokan dan saluran napas memiliki saraf yang dapat merasakan apabila ada bahan atau zat yang mengganggu. 

Kondisi tersebut akan memberikan stimulasi pada saraf untuk mengirim sinyal pada otak, kemudian otak merespons dengan mengirimkan kembali sinyal untuk mengeluarkan zat tersebut dengan batuk.

Semua kalangan bisa mengalami batuk, mulai dari usia bayi hingga orang dewasa. Batuk yang sesekali terjadi itu normal, sebab dapat membantu menggerakan dahak yang bertugas untuk menjaga saluran pernapasan tetap lembap.

Namun, apabila batuk yang disertai gejala lain seperti demam, dahak berwarna atau berdarah, bisa jadi itu menandakan adanya gangguan medis. Banyak orang yang mengonsumsi obat batuk untuk mengatasi batuk, khususnya jika kondisi sudah cukup parah.

Obat Batuk Kering

Batuk kering dapat terjadi karena perubahan suhu, polusi udara, atau batuk pasca-virus akibat pilek dan flu. Berikut ini beberapa rekomendasi obat-obatan untuk mengatasi batuk kering.

Siladex Antitussive

Obat batuk ini khusus diformulasikan untuk mengatasi masalah batuk tidak berdahak atau kering. Selain ampuh mengatasi batuk kering hingga ke pusat, obat satu ini juga tidak ada tambahan alkohol serta bebas gula, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Vicks Formula 44

Vicks Formula 44 merupakan obat batuk khusus batuk kering yang mengandung Doxylamine suksinat dan Dextrometorphan HBr. Selain meredakan batuk kering, obat ini juga dapat mengobati sakit flu.

Tetapi, kita tetap perlu memperhatikan efek samping dari obat ini, di antaranya seperti mual, pusing, dan kantuk setelah mengonsumsinya.

Konidin

Konidin dapat mengobati sakit batuk kering, sakit asma, radang saluran pernapasan hingga influenza. Kandungan dextromethorpan HBr dalam obat ini bekerja dengan menekan dorongan untuk batuk.

Sedangkan, chlorpheniramine bekerja untuk menghambat kerja histamin, yaitu senyawa yang dapat memicu terjadinya alergi. Obat batuk kering ini dapat kita peroleh dengan bebas di apotik terdekat.

Obat Batuk Berbahan Alami

Berikut ini daftar obat batuk berbahan dasar alami yang dapat meredakan batuk. Simak uraiannya, ya!

Air Garam

Berkumur dengan air garam hangat akan membantu mencegah pertumbuhan bakteri yang menginfeksi saluran tenggorokan, serta membantu mengencerkan dahak yang menggumpal sehingga dapat meredakan batuk.

Madu

Madu telah terbukti efektif untuk menyembuhkan penyakit batuk apabila kita mengonsumsinya secara rutin. Zat analgesik dalam madu dapat menghentikan infeksi yang menyebabkan batuk kering maupun batuk berdahak.

Lemon

Lemon merupakan salah satu obat batuk alami yang dapat mengurangi radang tenggorokan sekaligus memberikan asupan vitamin C dalam tubuh. Vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan sistem daya tahan tubuh dalam membasmi infeksi kuman, termasuk infeksi penyebab batuk.

Info Penting: Inilah obat gusi bengkak yang sering dijual di apotik!

Obat Batuk Anak

Setiap orang tua pasti panik saat mendapati anaknya mengalami batuk. Berikut ini merupakan beberapa obat batuk khusus anak-anak, mulai dari medis hingga bahan alami.

Acetaminophen

Acetaminophen dapat kita berikan pada anak jika mereka batuk disertai dengan demam. Obat batuk ini dapat kita temukan dalam kandungan tylenol, ibuprofen, atau naproxen. Namun, jangan minumkan obat ini pada anak berusia di bawah dua tahun, terutama pada bayi di bawah usia 3 bulan.

Dekongestan

Anak terkadang susah untuk meminum obat, untuk meredakan batuknya kita dapat memberikan obat berupa semprotan hidung dekongestan sebagai alternatif. Obat ini bisa menjadi obat batuk yang disertai pilek yang menyebabkan hidung tersumbat.

Minum Air Jahe

Jahe dapat menjadi obat batuk anak berbahan alami dengan meminum larutan jahe dengan air hangat atau meminum teh. Efek anti-inflamasi dan antibakteri dalam jahe ampuh untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh kuman.

Sensasi hangat dari air jahe juga dapat melegakan tenggorokan dan mengendurkan otot-otot leher yang menegang akibat batuk kering.

Post a Comment for "Beberapa Saran Obat Batuk yang Ampuh dan Langsung Sembuh dalam Beberapa hari"

RajaBackLink.com