Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi PMS Dengan Mudah dan Cepat

Cara Mengatasi PMS Dengan Mudah dan Cepat

Premenstruation syndrome (PMS) adalah serangkaian gejala yang muncul sebelum menstruasi berlangsung. Biasanya, PMS terjadi sekitar 1 – 2 minggu sebelum darah menstruasi keluar. Gejala umum yang sering para wanita rasakan antara lain kram perut, sakit kepala dan perubahan suasana hati.

Belum diketahui secara pasti apa penyebab dari gejala PMS. Namun, banyak dugaan hal itu terjadi karena dipengaruhi oleh perubahan hormon estrogen dan progesteron menjelang dan selama masa menstruasi. Umumnya, PMS akan mereda begitu periode menstruasi dimulai.

Akan tetapi, banyak wanita yang mengeluhkan gejala tersebut karena mengganggu aktivitas sehari-hari. Berikut ini merupakan beberapa cara mengatasi gejala PMS yang mudah dan cepat di rumah. Simak baik-baik, ya!

Konsumsi makanan berkarbohidrat kompleks dan kalsium

Mengonsumsi makanan kaya karbohidrat kompleks seperti beras merah, roti gandum, kentang dan kacang-kacangan diyakini mampu mengatasi nafsu makan yang meningkat dan mengatur kadar gula darah menjadi lebih stabil selama masa PMS.

Untuk cara agar PMS cepat selesai, disarankan untuk mengonsumsi makanan tersebut dengan porsi sedikit, namun lebih sering. Selain mengonsumsi makanan berkarbohidrat kompleks, Anda perlu memenuhi asupan kalsium untuk mengatasi gejala PMS seperti perut kembung, nyeri payudara, dan perubahan suasana hati (mood swing).

Manfaat kalsium ini dapat Anda peroleh dari mengonsumsi berbagai sayuran hijau, susu dan produk turunannya (yogurt, keju, dsb) serta ikan salmon.

Batasi mengonsumsi minuman mengandung alkohol dan kafein

Sindrom pramenstruasi juga kerap menyebabkan perut kembung dan susah tidur. Agar tidak membuat gejala PMS semakin memburuk, maka Anda perlu membatasi atau mengurangi konsumsi minuman yang beralkohol dan kafein, seperti teh dan kopi.

Berhenti merokok

Kebiasaan merokok ternyata bisa memicu gejala PMS menjadi semakin berat. Selain itu, sebuah studi menyebut bahwa merokok juga menyebabkan menstruasi jadi tidak teratur dan bisa memicu terjadinya menopause dini.

Bagi Anda yang memiliki kebiasaan merokok, alangkah baiknya untuk segera menghentikan kebiasaan tersebut mulai sekarang. Selain mengatasi gejala PMS, Anda pun bisa terhindar dari risiko menopause dini.

Rutin berolahraga 

Rutin berolahraga juga bisa menjadi cara agar PMS cepat selesai. Tubuh akan melepas hormon endorfin yang memicu perasaan senang saat sedang berolahraga, sehingga membuat tubuh menjadi lebih rileks dan mengurangi rasa sakit akibat PMS. 

Cobalah untuk mulai dengan olahraga ringan seperti berjalan cepat, bersepeda, atau berenang selama 30 menit. Lakukan sebanyak 5 kali dalam seminggu.

Info Penting : Mengetahui penyebab faktor perut buncit!

Istirahat cukup

Kurang tidur atau istirahat bisa memicu gejala PMS, di antaranya seperti kelelahan, mood swing, dan kecemasan. Maka, Anda disarankan untuk mencukupi waktu istirahat, setidaknya selama 7 hingga 8 jam setiap harinya. Hal ini untuk mencegah munculnya keluhan atau gejala tersebut.

PMS memang bukan gejala yang berbahaya, namun tentunya hal tersebut bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Rasa kram di perut pastinya membuat Anda tidak nyaman, belum lagi sakit kepala, perut kembung dan juga perubahan suasana hati yang tak terduga. Salah-salah, orang lain bisa kena imbasnya. 

Selain beberapa cara agar PMS cepat selesai di atas, Anda bisa mengatasi gejala PMS dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh, yaitu dengan mengonsumsi air putih yang banyak, mengonsumsi buah-buahan dan menghindari makanan cepat saji. 

Nah, itulah ulasan lengkap mengenai bagaimana cara mengatasi PMS dengan mudah dan cepat. Semoga bermanfaat, ya!

Post a Comment for "Cara Mengatasi PMS Dengan Mudah dan Cepat"

RajaBackLink.com