Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Aktifkan Google Asisten dan Menggunakannya di Android

Aktifkan Google Asisten sebenarnya sangat mudah. Tentu saja ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan jika mengaktifkan fitur Google satu ini.

Google Asisten sudah ada di hampir seluruh perangkat Android. Kehadiran dari fitur Google Asisten ini tentu saja bertujuan untuk membantu pengguna dalam menggunakan aplikasi Google.

Jika perangkat Android Anda tidak bisa menggunakan Google Asisten, bukan berarti tidak ada. Bisa jadi Google Asisten pada HP Android Anda belum diaktifkan.

Oleh karena itu, Anda perlu mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu pada ponsel Android. Yuk simak di sini caranya!

Pengertian dan Langkah Aktifkan Google Asisten

Google Asisten Android sudah menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan saat ini. Pengguna Android membutuhkan Google Asisten untuk berbagai kebutuhan.

Kelebihan dari Google Asisten sebenarnya adalah mendukung kecerdasan buatan. Jadi, Google Asisten ini berbeda dengan Google Now.

Dengan fitur Asisten atau Assistant, Anda dapat terlibat dalam percakapan dua arah. Selain itu, Google Asisten juga sangat mempermudah pekerjaan penggunanya.

Keberadaan Google Asisten ini sebenarnya menjadi salah satu contoh nyata perkembangan teknologi kecerdasan buatan atau AI.

Kecerdasan buatan pada Google Asisten dapat kita gunakan pada smartphone. Google Asisten memungkinkan Anda melakukan percakapan dua arah. Asisten ini sebenarnya sudah meluncur sebagai bagian dari aplikasi Google Allo Messages sejak Mei 2016. Pada saat itu, Google Asisten juga menjadi speaker yang aktif melalui suara dari Google Home.

Sejak 2013, aktifkan Google Asisten telah hadir sebagai aplikasi mandiri untuk sistem operasi Android dan iOS. Akan tetapi, paling banyak yang menggunakan Google Asisten ini adalah perangkat Android.

Cara Mengaktifkannya

Untuk menggunakannya, Anda perlu melakukan cara aktifkan Google Asisten terlebih dahulu. Hal ini berlaku untuk HP Android yang pengaturannya tidak otomatis menyala.

Google Asisten memang bisa Anda nyalakan atau matikan sesuai dengan kebutuhan. Dalam menjalankannya pun cukup mudah.

Ikuti langkah-langkah aktifkan Google Asisten berikut ini di HP Android:

  1. Buka HP Android Anda. Setelah itu pergi ke bagian Google Asisten atau Assistant Settings (sesuai dengan pengaturan bahasa HP).
  2. Di bagian bawah 'All Settings', pilih bagian menu 'General'.
  3. Kemudian akan ada pilihan apakah Anda ingin mematikan atau menyalakan Asisten Google, pilih bagian on atau off.
  4. Apabila Anda melakukan cara menghidupkan Asisten Google di ponsel Android, maka biarkan fitur tersebut mempelajari suara Anda terlebih dahulu.

Tujuan melakukan hal tersebut adalah agar Google Asisten dapat mengenali suara Anda dengan baik ketika memerintahkan suatu tugas.

Apa itu Teknologi Informasi?

Berbicara dengan Asisten Google

Setelah Anda aktifkan Asisten Google, maka tentu saja fitur ini sudah dapat digunakan dengan baik. Untuk menggunakannya, Anda bisa berbicara.

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa Google Asisten perlu mengenai suara Anda terlebih dahulu agar dapat bekerja dengan benar. Untuk menemukan cara berbicara dengan Google Asisten, maka bisa memasukkan suara Anda terlebih dahulu.

Berikut ini cara untuk mengajari Google Asisten suara Anda agar dapat bekerja dengan baik.

  1. Pergi ke menu Assistant Settings atau Pengaturan Asisten seperti akan mengaktifkan Google Asisten sebelumnya.
  2. Jika sudah, di bagian paling bawah akan ada menu 'Popular Settings'.
  3. Apabila sudah berhasil menemukannya, pastikan bagian 'Hey Google' sudah aktif.
  4. Tap bagian 'Voice mode' kemudian latih ulang model suara pada Google Asisten tersebut.
  5. Jangan lupa ikuti setiap langkah untuk merekam suara Anda.

Jika sudah mengikuti langkah aktifkan Google Asisten tersebut, maka suara Anda akan terdaftar. Pada akhirnya, Anda bisa memberikan perintah kepada fitur Google Satu ini.

Baca Juga: Rekomendasi HP layar 6,7 Inch!

Cara Menggunakannya

Setelah Google Asisten aktif dan suara Anda terdaftar, selanjutnya Anda bisa mulai menggunakannya.

Pengguna bahkan tidak perlu membuka kunci perangkat Android untuk mendengar atau melihat balasan dari Google Asisten karena mereka akan memunculkan suara.

Untuk memakai aktifkan aplikasi Asisten Google, Anda bisa langsung mengucapkan "Ok, Google". Cara menggunakan Asisten Google ini menjadi hal yang paling utama.

Selain itu, Anda bisa membuka menu Google Asisten dengan hanya menggeser layar dari pojok kiri bawah atau kanan. Nantinya menu Google Asisten akan muncul.

Selanjutnya Anda bisa ketik bagian ikon Snapshot yang ada di pojok layar Android. Assistant UI mungkin akan berbeda untuk beberapa Android pengguna.

Pastikan Anda masuk ke akun Google dan setelahnya klik ikon profil di bagian kanan atas untuk masuk ke dalam menu Settings atau Pengaturan.

Pengguna kemudian akan menemukan daftar panjang dari Asisten Google. Klik bagian menu 'personalization' dan aktifkan Lock Screen Personal Results.

Cara di atas merupakan cara untuk Anda yang tidak ingin menggunakan Google Asisten tanpa repot-repot membuka kunci layar HP Android terlebih dahulu.

Jika Anda ingin menggunakannya seperti biasa juga bisa dengan cara menekan dan tahan bagian 'Home' di tombol HP. Keduanya dapat Anda lakukan jika sudah aktifkan Google Asisten.

Setelah muncul muncul menu Asisten Google, selanjutnya Anda bisa mulai berbicara. Tentu saja jangan sampai melupakan "Ok, Google" di awal kalimat.

Misalnya saja Anda ingin mencari stasiun terdekat, maka bisa menggunakan Google Asisten dengan "Ok Google, dimana stasiun terdekat?".

Setelah itu, Google akan memberikan data stasiun mana saja. Jangan lupa jika ingin bertanya mengenai tempat, Anda perlu menyalakan GPS terlebih dahulu agar Google bisa membaca dimana lokasi Anda.

Baca juga: Daftar nama HP yang sudah jaringan 5G!

Apa Saja Fungsi Asisten Google?

Aktifkan Google Asisten tidak akan pernah merugikan. Ada banyak sekali fungsi atau manfaat dari Google Asisten yang bisa Anda dapatkan.

Berikut ini beberapa fungsi atau kegunaan dari menggunakan Google Asisten setelah Anda mengaktifkannya:

1. Memasang Reminder

Google Asisten dapat Anda gunakan untuk reminder atau pengingat. Anda bisa mengkoneksikan Google Asisten ke produk Google lain seperti Gmail, Google Calendar, Google Keep, dan lainnya.

Nantinya Anda bisa membuat jadwal dan Google Asisten akan membantu mengingatkan. Anda tentu juga bisa mengatur pengingat waktu atau lokasi mingguan sehingga tidak melupakannya.

2. Mengirim Pesan

Aktifkan Google Asisten juga bisa untuk membantu mengirim pesan. Fungsi satu ini sangat penting untuk Anda yang sedang sibuk melakukan multitasking.

3. Mencari Tahu Kondisi Lalu Lintas

Indonesia terkenal dengan kemacetannya. Jika Anda tinggal di kota besar, Google Asisten sangat bermanfaat untuk membantu mengetahui kondisi jalanan.

Anda bisa meminta Google Asisten untuk melihat apakah jalan yang akan dilalui macet atau tidak. Jika macet, Anda bahkan bisa meminta  Google Asisten menemukan rute terbaik untuk ke lokasi tersebut.

4. Membacakan Berita

Dengan hanya mengatakan "Ok, Google, play the news", maka Anda bisa langsung mendapatkan berita dari berbagai sumber terpercaya.

Anda juga bisa meminta Google Asisten untuk berhenti membacakan berita, berhenti sejenak, atau bahkan mulai membacakan berita kembali, kapan saja dengan mudah.

Nah, itu hanyalah sedikit dari fungsi Asisten Google. Dengan aktifkan Google Asisten, maka HP Android Anda bisa sangat membantu di semua kebutuhan.

Baca Juga: Laptop Anda Lemot? Coba Lakukan Ini!

Post a Comment for "Cara Aktifkan Google Asisten dan Menggunakannya di Android"

RajaBackLink.com