Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Teknologi Informasi? Yukk Pelajari Lebih Lanjut

Seiring dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, semakin banyak pula bidang yang perlu untuk dikembangkan. Salah satu bidang yang tengah berkembang pesat saat ini adalah bidang teknologi informasi. Tanpa adanya teknologi informasi, bisa jadi perkembangan yang terjadi tidak akan pesat dan semaju seperti saat ini.

Secara umum, pengertian dari teknologi informasi adalah suatu studi perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan atau manajemen sistem informasi yang berbasis komputer, terutama pada aplikasi perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak komputer (software). 

Fungsi lain dari teknologi tersebut adalah untuk mencari jalan keluar setiap masalah, meningkatkan kreativitas, efektivitas serta efisiensi dalam aktivitas atau kegiatan manusia. 

Lebih sederhananya, teknologi informasi merupakan berbagai macam fasilitas yang di dalamnya terdiri dari hardware dan sofware, yang bisa mendukung masyarakat mendapatkan informasi secara cepat serta meningkatkan kualitas informasi tersebut.

Definisi Teknologi Informasi

Melansir dari ITTA (Information Technology Association of America), teknologi informasi merupakan suatu perancangan, implementasi, pengembangan ataupun manajemen sistem informasi berbasis komputer, terutama pada aplikasi hardware dan software yang terdapat pada komputer.

Teknologi satu ini menggunakan komputer elektronik dan perangkat lunak komputer agar bisa mengubah, memproses, menyimpan, menstransmisikan serta mendapatkan informasi secara aman.

Tidak hanya menjadi alat komunikasi lewat elektronik saja, teknologi informasi adalah perangkat penting yang seharusnya suatu bisnis miliki. Tujuannya, supaya bisa melakukan koordinasi serta melakukan pengarsipan berbagai dokumen penting dengan baik. 

Teknologi tersebut juga diaplikasikan untuk mengelola informasi secara real-time, yang telah menjadi bagian penting karena meningkatnya tingkat kompleksitas tugas manajemen, pengaruh ekonomi globalisasi, perlunya waktu tanggap (response time) yang cepat, dan tekanan akibat adanya persaingan bisnis.

Mengenal Teknologi Informasi dan Komunikasi

Setelah mengetahui tentang teknologi informasi, kita juga perlu mengetahui pengertian dari teknologi informasi dan komunikasi. TIK atau singkatan dari teknologi informasi dan komunikasi ini mengacu pada semua teknologi yang kita gunakan untuk menangani telekomunikasi, media penyiaran, sistem transmisi audiovisual dan fungsi kontrol pemantauan berbasis jaringan.

Meskipun banyak orang beranggapan TIK sebagai sinonim dari teknologi informasi, namun teknologi informasi dan komunikasi memiliki cakupan yang lebih luas, baik di lingkungan yang mendukung internet maupun seluler, atau lingkungan yang mendukung jaringan nirkabel.

TIK juga mencakup teknologi lama, seperti telepon rumah, siaran radio dan juga saluran televisi yang masih banyak orang menggunakannya hingga saat ini. Komponen teknologi informasi dan komunikasi akan terus bertambah, mulai dari komponen lama seperti komputer dan telepon, hingga sekarang ini muncul smartphone, TV digital serta robo yang telah menjadi bagian TIK yang baru.

Teknologi Informasi Menggunakan Seperangkat Komputer 

Teknologi informasi merupakan sebuah teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk dalam memproses, mendapatkan, menyusun, dan menyimpan data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas. Informasi berkualitas di sini maksudnya adalah informasi yang akurat dan tepat waktu yang digunakan untuk keperluan bisnis atau pemerintahan.

Teknologi informasi menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data sistem jaringan yang akan menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya sesuai dengan kebutuhan dan teknologi telekomunikasi yang digunakan. Hal ini bertujuan agar data-data tersebut dapat tersebar serta diakses secara global.

Baca Juga: Kegunaan Teknologi untuk Masyarakat!

Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari teknologi informasi untuk memudahkan aktivitas atau kehidupan kita sehari-hari. Ada beberapa manfaat berdasarkan kebutuhannya, seperti untuk pendidikan, industri dan manufaktur, bisnis, militer, pengetahuan, dan sebagainya.

Nah, demikianlah penjelasan terkait teknologi informasi secara lengkap. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan bermanfaat!

Post a Comment for "Apa Itu Teknologi Informasi? Yukk Pelajari Lebih Lanjut"

RajaBackLink.com