Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghentikan HP yang Disadap, Ketahui Cara Pencegahannya

Penyadapan pada ponsel adalah tindakan kriminal yang mungkin bisa terjadi di era serba digital seperti sekarang ini. Sehingga semua orang membutuhkan cara menghentikan HP yang disadap supaya lebih terjaga dan tidak kebobolan. Hampir setiap orang pasti mengandalkan smartphone dalam melakukan berbagai aktivitas.

Mulai dari berkomunikasi, berbelanja online, hingga melakukan transaksi perbankan. Ada banyak oknum yang tidak bertanggung jawab melakukan penyadapan dengan tujuan untuk keuntungan pribadi. Tindakan yang satu ini sangat merugikan bagi para korbannya.

Cara Menghentikan HP yang Disadap, Tak Perlu Panik, Ketahui Cara Pencegahannya

Sebagai bentuk dari upaya mawas diri, maka penting untuk mengetahui cara dan langkah tepat dalam mengatasi HP yang disadap. Sehingga tidak akan merugikan untuk berbagai hal di masa mendatang. HP yang disadap akan mengakibatkan kerugian yang mungkin saja tidak sedikit.

Mulai dari kebocoran data pribadi hingga berpura-pura menjadi pemilik HP tersebut. Sebelum menindaklanjuti Anda perlu mengetahui apa saja ciri hingga upaya pencegahan HP disadap. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak ulasan di bawah ini hingga tuntas.

Ciri-Ciri HP Disadap

Sebelum melangkah ke cara menghentikan HP yang disadap, pasti ada tanda-tanda yang terlihat berbeda dari HP seperti biasanya. Berikut ini sejumlah tanda HP disadap, antara lain:

  • Muncul bunyi yang tidak wajar saat sedang bertelepon. Mulai dari suara statis, dengungan, hingga suara aneh lainnya. Bisa juga bunyi klik, bib, dan lainya yang bisa Anda lacak menggunakan sensor bandwith.
  • Kemudian baterai ponsel Android Anda menjadi cepat boros meski tidak sedang Anda gunakan. Bahkan ponsel bisa memanas akibat dari software penyadapan yang sedang berjalan.
  • Terdapat kegiatan yang mencurigakan apabila ponsel mati, hidup, atau meng-install aplikasi sendiri. Bisa juga muncul iklan pop-up yang aneh, ikon bergerak, dan muncul pesan aneh.
  • Tagihan data seluler yang meningkat dan menunjukkan lonjakan penggunaan data internet atau teks.
  • HP juga menjadi lemot karena banyaknya data yang terpakai, membuat lemot, dan sulit berjalan seperti biasanya.

Mengecek HP Disadap atau Tidak

Untuk cara mengecek HP disadap atau tidak Anda perlu memperhatikan tanda-tanda seperti di atas. Anda juga perlu mengenali permasalahan yang terjadi pada ponsel Anda. Mungkin juga muncul iklan dan aplikasi yang tidak diinginkan serta masalah kinerja umum pada HP.

Dalam iklan atau aplikasi yang muncul tiba-tiba biasanya berisi malware yang akan mengakses root ke ponsel pintar Anda dan install update-an sistem palsu. Sistem itu yang akan mencuri berbagai informasi atau data pribadi pada HP lalu terkirim ke server eksternal si penyadap.

Karena itu Anda perlu memberikan perhatian lebih apabila terjadi aktivitas mencurigakan pada perangkat yang tidak seperti biasanya. Cara menghentikan HP yang disadap akan sangat berguna. Untuk mendeteksi penyadapan bisa melalui beberapa kode, seperti:

  • *#21#
  • *#21##
  • *#06#

Cara Mengatasi Sadap IMEI HP

Untuk cara menghentikan sadap IMEI memang cukup sukar, karena salah satu solusinya adalah dengan mengganti nomor imei telepon. Bila terlanjur disadap, berikut cara menghentikan hp yang disadap:

  • Pertama install aplikasi mobile uncle tool di Android.
  • Kemudian buka aplikasi dan cari menu Engineer lalu kilik Engineer Mode.
  • Selanjutnya scroll ke bawah dan klik menu CDS information lalu klik radio information.
  • Langkah selanjutnya pilih salah satu SIM yang Anda gunakan bila menggunakan dua sim.
  • Pada bagian atas akan muncul opsi AT+ menjadi at+ nomor IMEI baru.
  • Langkah selanjutnya klik tombol send at command dan selesai.
  • Bila nomor IMEI belum berubah, Anda bisa melakukan reboot perangkat dan cek di *#06#.

Cara Mengatasi Sadap HP Android

Cara menghapus sadap HP bisa Anda lakukan secara mandiri. Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa melakukan beberapa langkah, antara lain:

Mengaktifkan Mode Device Care

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengaktifkan mode device care. Anda bisa mengecek di bagian pengaturan HP yang berfungsi untuk mengetahui malware yang terpasang pada ponsel Anda. Pengguna Android bisa masuk ke pengaturan lalu klik menu battery and device care. Selanjutnya pilih opsi device protection dan scan phone hingga proses selesai.

Menggunakan Kode Rahasia untuk Mengatasinya

Cara menghentikan HP yang disadap bisa dengan menggunakan kode #002#. Kode angka ini bisa menghentikan bentuk penyadapan yang sedang terjadi pada ponsel Anda. Anda juga bisa memakai kode-kode seperti *#61# untuk menghentikan tindak penyusupan pada smartphone. Kemudian kode *#62# yang bisa Anda manfaatkan untuk memverifikasi nomor pengalihan.

Mereset Ulang HP

Cara menghentikan HP yang disadap selanjutnya adalah dengan melakukan reset ulang pabrik atau factory reset ponsel Android Anda. Hal ini bisa Anda lakukan untuk menghindari aplikasi tersembunyi yang digunakan pelaku untuk membajak ponsel Anda.

Sebagai garis bawah, cara ini mampu menghapus semua data dan aplikasi dalam ponsel. Sehingga penyadap tidak dapat melakukan apa-apa. Kerugian dari langkah yang satu ini adalah pengguna kehilangan semua file yang ada di HP.

Memeriksa Penggunaan Aplikasi VPN

Anda juga bisa memeriksa aplikasi VPN yang terpasang pada HP. VPN sendiri memiliki kemampuan untuk mengenkripsi seluruh jaringan internet pada suatu ponsel. Sehingga memungkinkan seseorang bisa melakukan penyadapan dan berisiko mengalami peretasan.

Dengan cara menghentikan HP yang disadap ini Anda juga bisa melihat data apa saja yang ditransmisikan oleh penyadap. Mengeceknya secara berkala dapat membantu untuk memantau penyadapannya. Bila terjadi aktivitas mencurigakan dilihat dari VPN, segera lakukan tindakan memutus sadapan.

Menghubungi Call Center Operator

Bila Anda tidak ingin repot mengurus HP yang disadap, bisa menghubungi kontak Call Center Operator dari provider yang digunakan. Nantinya, Call Center akan memberikan arahan dan bantuan untuk mengatasi permasalahan yang dialami pengguna.

Saat menyadari HP Anda disadap, tidak perlu panik dahulu. Anda bisa melakukan langkah pencegahan seperti yang sudah disebutkan. Anda juga tidak perlu terlalu overthinking karena semua bisa diatasi. Asalkan Anda harus mengetahui tanda-tanda bahwa HP Anda disadap.

Cara Agar HP Tidak Disadap

Cara menghentikan HP yang disadap bisa dengan berbagai cara, salah satunya dengan membeli detector ketuk pada ponsel. Perangkat ini akan memberikan sinyal atau notifikasi saat ponsel Anda telah disadap. Untuk menghindarinya, Anda bisa mempraktikkan cara pencegahannya, seperti:

  • Mematikan HP dalam keadaan tertentu setiap kali Anda tidak menggunakannya. Cara ini bisa mencegah mata-mata memiliki akses konstan ke catatan panggilan telepon atau pesan teks. Kini ada banyak program spyware ponsel yang mencegah pengguna mematikan ponsel. Sehingga dengan cara ini bisa melihat apakah ponsel telah disadap atau tidak.
  • Menginstal anti spyware legal dan menghubungi customer service. Anda juga bisa memasang kata sandi keamanan di ponsel sebagai perlindungan ekstra.
  • Menonaktifkan Bluetooth apabila tidak Anda gunakan. Usahakan juga hanya menerima koneksi Bluetooth dari orang yang Anda kenal saja. Nonaktifkan GPS juga bila tidak memerlukannya.

Itulah ciri-ciri hingga cara menghentikan HP yang disadap secara legal oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Jaga selalu keamanan data pribadi dan lakukan upaya pencegahannya.  

Post a Comment for "Cara Menghentikan HP yang Disadap, Ketahui Cara Pencegahannya"

RajaBackLink.com