Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenali Cara Membersihkan Laptop agar Tidak Lemot

Laptop merupakan komputer dalam versi kecil. Dengan versi kecil ini, tentu Anda akan mudah membawanya. Saat sedang bekerja kemudian laptop menjadi lemot, itu tandanya Anda harus segera membersihkannya. Selain itu, Anda juga harus mengetahui cara membersihkan laptop agar tidak lemot.

Laptop yang lemot tentu akan mengganggu kegiatan bekerja Anda, terlebih untuk kegiatan yang penting. Pada saat sekarang ini banyak kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan laptop. Diantaranya laptop digunakan untuk kegiatan pembelajaran sekolah, maupun bekerja dari rumah. Selain itu, laptop juga sering digunakan untuk pegawai kantoran.

Rekomendasi: Cara Mengatur Jam Pada Laptop Secara Manual!

Jangan terburu untuk mengganti laptop Anda yang mulai lemot dengan membeli yang baru. Masih ada cara mengatasi laptop lemot untuk Anda coba.

Cara Membersihkan Laptop agar Tidak Lemot, Begini Trik Mudahnya!

Sebelum membahas cara membersihkan laptop, Anda harus mengetahui terlebih dahulu beberapa penyebabnya. Ada banyak faktor penyebab laptop lemot diantaranya, banyak aplikasi berjalan sehingga kinerja laptop berat, penyimpanan hardisk terlalu penuh, RAM yang kecil, serta masih banyak lagi lainnya.

Artikel Terkait: Mungkin Kalian Belum Tau, Cara Membuat Slide Layar Laptop Terbagi Menjadi Dua?

Berikut beberapa cara membersihkan laptop yang lemot dari software dan hardware.

1. Membersihkan Desktop

Pertama salah satu cara agar laptop tidak lemot dengan membersihkan desktop. Aplikasi yang Anda letakkan di bagian dekstop sebaiknya jangan terlalu banyak. Karena itu merupakan salah satu penyebab laptop lemot. Selain itu, usahakan aplikasi yang berjalan tidak banyak.

2. Uninstal Aplikasi yang Tidak Digunakan

Selanjutnya Anda bisa membersihkan aplikasi yang tidak digunakan. Jika Anda menginstal aplikasi terlalu banyak akan membuat kerja laptop lambat. Selain itu, jika RAM yang dimiliki laptop hanya sedikit akan menyita banyak ruang.

Penyimpanan pada Drive C otomatis akan penuh jika Anda terlalu banyak memasang aplikasi. Apabila sudah terlanjur, segera bersihkan sebelum laptop Anda mulai lemot.

3. Gunakan Antivirus

Cara membersihkan laptop agar tidak lemot berikutnya yaitu dengan cara memasang aplikasi antivirus. Jika laptop Anda terkena virus akan membuat laptop lemot meskipun ruang RAM dan Drive C masih tersisa banyak. Gunakan aplikasi antivirus terbaik untuk mencegah serangan virus.

4. Menambah RAM

Jika memang diperlukan Anda dapat menambah kapasitas RAM pada laptop. Misalkan pada windows 10 lemot di RAM 4 GB maka Anda dapat menambah dengan RAM 8 GB atau RAM 16 GB. Perhatikan pula spesifikasi RAM agar kinerja laptop lebih maksimal.

Baca Juga: Laptop Kalian Blank Hitam? Segera Perbaiki!

5. Membersihkan Kipas Laptop

Selain membersihkan laptop dari software, Anda juga harus membersihkan dari hardware. Seperti membersihkan kipas laptop. Kipas yang tidak normal akan menyebabkan hawa panas menumpuk karena sirkulasi tidak baik. Sehingga kipas tidak dapat mengalirkan hawa dingin pada komponen laptop Anda.

6. Menggunakan Thermal Paste

Thermal Paste adalah gel yang diberikan bagian atas processor. Suhu panas yang ada pada laptop menyebabkan lemot. Anda dapat menggunakan thermal paste ini untuk menjaga suhu laptop saat dipakai. Jika thermal paste sudah kering, segera lakukan pergantian agar laptop tidak cepat panas.

7. Ganti Memori HDD ke SSD

Hard Disk Drives (HDD) cenderung memiliki kecepatan yang lambat. untuk mengatasi Anda dapat menggantinya dengan Solid State Drive (SSD).

8. Membersihkan bagian Dalam Laptop

Salah satu penyebab laptop lemot yaitu bagian mesin yang kotor. Debu-debu yang menempel pada komponen laptop akan membuat lemot, sehingga laptop cepat panas. Anda harus segera melakukan pembersihan pada bagian laptop yang kotor.

Beberapa cara membersihkan laptop agar tidak lemot dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Pastikan merawat laptop secara rutin agar tidak lemot dan tetap awet. Jika sudah mencoba melakukannya tapi tetap lemot segera konsultasikan ke tempat servis laptop terdekat.

Post a Comment for "Mengenali Cara Membersihkan Laptop agar Tidak Lemot"

RajaBackLink.com