Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki LCD HP yang Rusak Karena Jatuh

Setiap teknologi pasti pernah mengalami kerusakan terutamaLCD HP. LCD HP yang rusak bisa disebabkan karena banyak hal. Adapun cara memperbaiki LCD HP yang rusak karena jatuh bisa anda ikuti panduan di halaman ini.

LCD atau liquid crystal display merupakan bagian komponen HP yang menampilkan melalui monitor. Adapun jenis monitor itu bermacam-macam salah satunya ada OLED, AMOLED TFT LCD dan lain sebagainya.

Berita Menarik: Belajar Menggunakan CSS Foundation Sampai Kalian Bisa!

Setiap HP yang rusak karena jatuh, biasanya komponen HP yang sering bermasalah adalah LCD di HP. Salah satu contoh kerusakan di layar HP yaitu muncul garis hitam, munculnya tompel hitam, sebagian layar tidak berfungsi normal, touchscreen tidak responsif dan lain sebagainya.

source : philippzurawski / pixabay

Cara Memperbaiki LCD HP yang Rusak Karena Jatuh

Ketika kita memiliki hak yang bermasalah seperti LCD HP rusak karena jatuh, pikiran kita pasti berpikir bagaimana cara memperbaiki LCD HP yang rusak karena jatuh.

Sebelum berada pada langkah cara memperbaiki LCD HP tersebut, alangkah baiknya siapkan beberapa alat untuk memperbaiki LCD HP yang rusak.

Adapun alat-alat yang dibutuhkan untuk servis atau memperbaiki HP yang rusak seperti ini yang bisa anda gunakan sebagai berikut :

  • Berbagai macam obeng kecil dengan ukuran yang sama untuk HP.
  • Solder.
  • Power supply.
  • Blower.
  • Multimeter.
  • Pinset.
  • Dan lain sebagainya.

Jika alat-alat tersebut sudah tersedia, Anda bisa langsung memperbaiki LCD HP dengan cara yang kami berikan berikut ini. Namun jika masih belum memiliki alat-alat seperti di atas lebih baik jangan bongkar lebih dulu melainkan lengkapi alat-alatnya.

Cara Memperbaiki LCD HP yang Rusak Karena Jatuh

Secara umum untuk mengatasi hasil macam ini bisa anda ikuti cara berikut ini :

  1. Melepaskan monitor atau LCD bagian luar layar. Untuk jenis HP keluaran sekarang ini untuk membuka LCD bagian luar bisa menggunakan pick gitar atau benda kuat yang tipis untuk mencungkil sederet komponen layar yang menempel di HP.
  2. Lepaskan LCD tersebut dari port atau lem yang tersambung dengan body HP. Anda bisa menggunakan pengering rambut untuk menghilangkan bagian yang menempel dan lakukan ini dengan berhati-hati agar tidak merusak bagian komponen lain.
  3. Jika terdapat komponen layar yang tidak bisa diservis atau harus mengganti LCD HP tersebut, silahkan lepas LCD yang terpasang sebelumnya diganti dengan LCD yang baru.
  4. Pastikan Anda mengingat part atau komponen yang tersambung tadi agar bisa mengembalikan port seperti semula.
  5. Setelah LCD HP terpasang dengan normal silahkan periksa dengan mengaktifkan HP tersebut untuk memastikan bahwa layar LCD sudah kembali normal.

Baca Juga: Kenapa Earphone Bisa Rusak? Penasaran, Kalian Bisa Baca Ini!

Cara Mengatasi LCD HP dengan Kondisi Tertentu

  1. Untuk beberapa jenis kerusakan LCD pada HP seperti LCD yang rusak karena goresan, berkedip dan dead pixel secara singkat kami ulas dengan mudah.
  2. Untuk memperbaiki LCD yang rusak dengan kerusakan memiliki goresan, caranya adalah dengan mengoleskan pasta gigi di permukaan layar kemudian tunggu beberapa saat sampai LCD bisa mulus seperti normal.
  3. Jika LCD HP berkedip atau muncul garis yang bergerak biasanya hal ini tidak terlalu mempengaruhi penggunaan HP. Cara mengatasi layar seperti ini dengan masuk ke mode aman yaitu tekan tombol power di HP sampai muncul opsi server mode. Setelah masuk ke server mode, atur penggunaan skala ke-60hz dan arahkan HP ke arah kedipan layar sampai garis berkedip menghilang.
  4. Jika LCD dead pixel, coba gunakan aplikasi pixel fixer untuk merangsang respon warna layar dengan menggunakan spektrum cahaya dinamis. Langkah terakhir yaitu dengan mengganti LCD yang baru.

2 comments for "Cara Memperbaiki LCD HP yang Rusak Karena Jatuh"

  1. Sangat membantu sekali kak, pada pada bermanfaat isi dari artikelnya

    ReplyDelete
  2. Terimakasih bapak. Ini untuk berbagi ilmu pengetahuan aja, supaya juga dapat pahala.

    ReplyDelete
RajaBackLink.com