Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berbagai Cara Meredakan Radang Tenggorokan Dengan Alami dan Ada Dirumah

7 Cara Meredakan Radang Tenggorokan Dengan Cepat

Radang tenggorokan terjadi akibat adanya infeksi virus atau infeksi bakteri karena daya tahan tubuh seseorang yang menurun. Biasanya, penderita radang tenggorokan merasa tidak nyaman, nyeri, dan gatal pada tenggorokan. Tentu hal tersebut bisa mengganggu aktivitas Anda sehari-hari.

Sebagai tindak pengobatan awal, cara meredakan radang tenggorokan dengan cepat adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah Anda temukan di rumah. Apa saja bahan-bahannya? Yuk langsung simak penjelasannya berikut ini!

Berkumur dengan Air Garam

Pertama, ialah dengan berkumur menggunakan air garam. Larutan air garam hangat akan membantu mengencerkan dahak, sehingga Anda bisa mengeluarkannya bersamaan dengan kotoran yang menempel tersebut. Cukup dengan melarutkan satu sendok teh garam dalam secangkir air hangat, lalu gunakan untuk berkumur selama beberapa saat dan keluarkan.

Jika Anda terapkan beberapa kali sehari, akan mengurangi bengkak di tenggorokan dan mengencerkan lendir, serta membantu membilas bakteri penyebab iritasi. 

Banyak Minum Air Putih

Jika Anda kekurangan cairan, tubuh jadi tidak dapat menghasilkan cukup air liur dan lendir untuk menjaga kondisi tenggorokan tetap lembap. Hal ini tentu menyebabkan pembengkakan dan membuat radang tenggorokan semakin memburuk.

Anda harus banyak mengonsumsi cairan atau air putih yang akan membuat selaput lendir tetap lembap serta bekerja lebih baik dalam melawan bakteri penyebab iritasi, seperti alergen. Dan juga, menjaga sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang virus atau penyakit lain.

Minum Air Hangat Dengan Madu

Air hangat yang dicampurkan dnegan madu juga efektif sebagai cara meredakan radang tenggorokan dengan cepat. Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa madu terbukti efektif meredakan proses peradangan serta membantu menekan batuk, terutama pada saat malam hari.

Minum Teh

Saat sedang radang tenggorokan, meminum teh juga bisa membantu mengurangi rasa nyerinya. Ada beberapa teh herbal yang bisa Anda konsumsi, misalnya teh hijau dan peppermint. Dua jenis teh tersebut memiliki sifat anti-bakteri dan anti-radang, sehingga mampu mengurangi rasa nyeri pada tenggorokan.

Jenis teh lain yang bisa Anda coba adalah teh chamomile. Teh ini mempunyai sifat sebagai pelumas pada tenggorokan, sehingga bisa mengurangi serak atau kesulitan menelan. Anda bisa menerapkan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Kumur Air Kunyit

Selain kumur air garam, ternyata Anda juga bisa mengatasi radang tenggorokan dengan berkumur air kunyit. Bahan dapur satu ini merupakan agen antioksidan yang sangat kuat dan bermanfaat untuk mengobati radang pada tenggorokan.

Komposisi larutannya seperti ini, campurkan ½ sendok kunyit bubuk, ½ sendok teh garam dalam secangkir air hangat. Kemudian, berkumur menggunakan larutan tersebut selama beberapa detik. Ulangi beberapa kali dalam sehari agar dapat bekerja lebih optimal.

Pelembap Udara 

Gejala radang tenggorokan bisa Anda redakan dengan humidifier atau pelembap udara. Alat ini akan membantu melembapkan udara serta membuat tenggorokan terasa lebih lega.

Karena, kondisi tenggorokan yang kering hanya akan membuat radang tenggorokan semakin memburuk dan terasa mengganggu.

Saran untuk dibaca : Macam-macam obat sakit flu dengan cara alami!

Semprotan Tenggorokan 

Cara meredakan radang tenggorokan dengan cepat yang terakhir adalah dengan menggunakan semprotan tenggorokan. Umumnya, semprotan tenggorokan memiliki kandungan antiseptik atau bahan yang bersifat mendinginkan seperti mentol.

Sensasi yang Anda rasakan dari penggunaan semprotan ini adalah rasa nyaman dan meredakan radang tenggorokan untuk sesaat.

Itulah dia beberapa cara alami untuk meredakan radang tenggorokan dengan cepat. Semoga bermanfaat dan lekas sembuh!

Post a Comment for "Berbagai Cara Meredakan Radang Tenggorokan Dengan Alami dan Ada Dirumah"

RajaBackLink.com