Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cepat Menyelesaikan Menstruasi untuk Wanita yang Masa Subur

Inilah 6 Cara Agar Haid Cepat Selesai

Para wanita setiap bulannya akan mengalami menstruasi atau haid, kecuali bagi wanita hamil atau yang mengidap penyakit tertentu. Menstruasi terjadi karena sel telur yang matang tidak dibuahi oleh sel sperma.

Namun, banyak wanita yang ingin mempercepat waktu haidnya karena berbagai alasan, baik karena ingin liburan dengan nyaman dan sebagainya. Siklus menstruasi yang normal berlangsung antara 21 – 35 hari dengan durasi sekitar 2 – 7 hari lamanya. 

Siklus haid bisa lebih singkat dan teratur seiring dengan bertambahnya usia. Selain itu, ada beberapa hal lain yang dapat memengaruhi panjangnya masa haid, seperti stres, berat badan serta kadar hormon dalam tubuh.

Nah, bagi Anda yang ingin mempercepat siklus menstruasi, berikut beberapa cara menghentikan haid dengan cepat yang bisa Anda coba. Simak baik-baik, ya!

Mengonsumsi Obat-obatan

Mengonsumsi obat-obatan seperti KB hormonal, baik dalam bentuk pil atau suntik ternyata dapat digunakan untuk mengatur siklus haid Anda. Penggunaan KB suntik atau pil KB juga bisa meringankan kram dan nyeri haid yang biasa menyerang di hari pertama.

Akan tetapi, jika Anda ingin mengonsumsi atau menggunakan alat kontrasepsi hormonal, Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan resepnya. Beberapa jenis KB hormonal lain juga bisa mencegah, namun membutuhkan waktu beberapa bulan untuk bisa melihat hasilnya.

Aktivitas Seksual

Saat berhubungan seksual atau masturbasi, Anda akan mengalami orgasme. Aktivitas tersebut bisa menjadi salah satu cara agar menstruasi cepat selesai. Orgasme ini dapat memicu kontraksi otot rahim, sehingga membantu rahim mengeluarkan darah haid lebih cepat.

Olahraga Secara Rutin

Selain menjaga kebugaran tubuh, olahraga secara rutin nyatanya juga bisa mempercepat haid agar cepat selesai. Kontraksi otot-otot tubuh ketika berolahraga, akan membantu melancarkan aliran darah menstruasi sehingga periode menstruasi menjadi lebih pendek daripada sebelumnya.

Olahraga juga bisa menjadi solusi bagi Anda yang sering menyalami nyeri haid dan gejala PMS lainnya. Pilih olahraga kardio atau jenis olahraga lain yang penting sesuai dengan kemampuan Anda.

Mengonsumsi Vitamin C

Cara menghentikan haid dengan cepat berikutnya adalah dengan memenuhi kebutuhan vitamin C setiap harinya. Hal ini akan membantu menurunkan kadar progesteron, yakni hormon yang berfungsi untuk menebalkan jaringan dinding rahim.

Jika progesteron turun, jaringan di dinding rahim jadi lebih mudah meluruh sehingga masa haid Anda bisa selesai lebih cepat. Selain dengan mengonsumsi makanan atau minuman kaya vitamin C, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin C yang lebih praktis. Namun, tetap patuhi aturan minum dan dosis yang tertera di kemasan, ya!

Jangan Pakai Tampon

Memakai tampon saat haid justru akan menghalangi aliran darah menstruasi, yang akhirnya membuat periode menstruasi Anda semakin panjang. 

Lain halnya dengan menggunakan pembalut, darah menstruasi yang keluar dari vagina akan lebih cepat terserap pada permukaan pembalut. Segera ganti tampon Anda dengan pembalut, agar periode menstruasi Anda menjadi lebih singkat dan ringan.

Info Penting: Cara mengatasi PMS yang berlebihan!

Mengindari Stres

Siklus haid Anda juga bisa dipengaruhi oleh rasa cemas dan stres yang berlebihan. Oleh sebab itu, usahakan Anda bisa mengendalikan stres, misalkan dengan melakukan teknik relaksasi atau yoga.

Sikuls menstruasi dan lama haid setiap wanita berbeda-beda. Normalnya, haid berlangsung sekitar 2 – 7 hari dan datang tepat waktu setiap bulannya. Namun, jika jarak antara setiap menstruasi kurang dari 21 hari, lama haid berlangsung lebih dari 1 minggu, atau mengalami keluhan berat setiap menstruasi, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter.

Demikianlah beberapa cara menghentikan haid dengan cepat yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat, ya!

Post a Comment for "Cara Cepat Menyelesaikan Menstruasi untuk Wanita yang Masa Subur"

RajaBackLink.com