Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Cara Menurunkan Sakit Demam Pada Orang Dewasa dengan Gampang

Cara Menurunkan Demam Pada Orang Dewasa

Demam merupakan kondisi di mana terjadi peningkatan suhu tubuh di atas 38 derajat celcius. Umumnya, demam menjadi respons tubuh terhadap suatu penyakit. Sebenarnya, demam atau peningkatan suhu tubuh ini adalah salah satu cara sistem daya tahan tubuh manusia untuk memerangi infeksi yang menyerang.

Namun, demam terkadang bisa naik terlalu tinggi sehingga kondisi tersebut perlu ditangani oleh tenaga medis sebelum terjadi komplikasi. Meskipun demam akibat virus bisa reda dengan sendirinya, terdapat hal-hal yang perlu Anda lakukan untuk membantu meredakan gejala dan mempercepat kesembuhan.

Berikut ini beberapa cara cepat menurunkan demam pada orang dewasa yang bisa Anda coba di rumah. Yuk langsung simak ulasan ini bersama-sama!

Kompres air hangat

Banyak orang yang berspekulasi bahwa kompres air dingin adalah obat demam alami, namun yang terjadi sesungguhnya adalah tubuh mengartikan suhu dingin tersebut sebagai sebuah ancaman. Sehingga, membuat suhu tubuh semakin meningkat dan memperparah demam.

Kompres air hangatlah yang lebih ampuh dalam menurunkan demam dibanding dengan kompres air dingin. Ini disebabkan pembuluh darah yang melebar akibat suhu hangat akan memicu produksi keringat, serta mempermudah pengeluaran panas dari tubuh. 

Mandi air hangat

Sama seperti kompres air hangat, mandi air hangat juga bisa membantu mengurangi demam secara bertahap dan pastinya aman. Sebab, mandi menggunakan air dingin akan membuat pembuluh darah menyempit sehingga memperlambat aliran darah menuju ke lokasi peradangan.

Selain itu, perbedaan suhu yang ekstrim justru membuat suhu tubuh akan anjlok secara tiba-tiba, yang akhirnya memicu badan menjadi menggigil.

Minum air putih yang banyak

Demam biasanya membuat tubuh menjadi jauh lebih panas dan menyebabkan tubuh jadi berkeringat sebagai upaya untuk mendinginkannya. Sementara itu, reaksi berkeringat tersebut bisa menyebabkan kehilangan cairan yang berujung pada dehidrasi.

Untuk mengatasinya, cobalah untuk minum air putih sebanyak mungkin untuk mengisi kembali cairan yang hilang. Selain air putih, Anda juga bisa mengonsumsi minuman atau cairan lain seperti jus, kaldu, dan teh tanpa kafein.

Minum obat penurun panas

Cara cepat menurunkan demam pada orang dewasa tentu saja dengan meminum obat penurun panas, baik yang dibeli di apotik atau atas resep dokter. Selain meredakan panas, obat demam juga bisa membantu meredakan gejala yang menyertai seperti nyeri ringan, pilek, sakit kepala, dan sakit gigi.

Namun, Anda harus tetap istirahat yang cukup agar bisa merasa lebih baik setelah minum obat demam. Beberapa obat penurun panas yang umum digunakan di antaranya acetaminophen (parasetamol), ibuprofen, aspirin, dan naproksen.

Baca Juga: Rekomendasi obat batuk yang bisa cepat sembuh!

Istirahat yang cukup

Ketika mengalami demam, tubuh Anda akan bekerja ekstra untuk melawan infeksi. Maka, Anda sangat memerlukan istirahat yang cukup. Jika tidak memungkinkan untuk menghabiskan hari di tempat tidur, cobalah untuk menghindari aktivitas atau pekerjaan yang melibatkan fisik yang terlalu berat.

Tidur yang cukup disini maksudnya seperti yang disarankan, yakni 6 – 8 jam di malam hari. Sedangkan di siang hari, Anda bisa memanfaatkannya dengan beraktivitas ringan.

Selain cara-cara di atas, Anda juga bisa menurunkan demam menggunakan obat-obatan alami seperti mengonsumsi jahe, ginseng, kunyit, sambiloto, dan bahan-bahan alami lainnya yang telah teruji dapat menurunkan suhu tubuh akibat demam.

Nah, demikianlah beberapa cara cepat menurunkan demam pada orang dewasa yang bisa Anda coba di rumah. Semoga bermanfaat, ya!

Post a Comment for "Inilah Cara Menurunkan Sakit Demam Pada Orang Dewasa dengan Gampang"

RajaBackLink.com