Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berbagai Cara Meredakan Pilek dengan Menggunakan Cara Tradisional dan Alami

Cara Meredakan Pilek Dengan Cepat Secara Alami

Pilek merupakan sebuah kondisi ketika hidung mengeluarkan ingus atau lendir. Kondisi tersebut bisa terjadi sesekali atau terus-menerus. Umumnya, gejala saat pilek atau flu biasa cukup membuat Anda terganggu, seperti bersin, sakit tenggorokan, hingga hidung mampet atau mengeluarkan ingus.

Dengan meminum obat dari resep dokter atau membeli di apotik, biasanya dapat meredakan gejala flu dengan cepat. Namun, banyak kasus juga yang menggunakan pengobatan alami cukup mampu meredakan gejala flu ringan hingga sedang dengan cepat. Berikut ini beberapa tips atau cara meredakan pilek dengan cepat secara alami. Yuk simak ulasan berikut ini!

Berkumur

Cara pertama adalah berkumur, yang diyakini dapat melembabkan tenggorokan yang sakit dan meredakan pilek. Caranya, larutkan setengah sendok teh garam pada 250 ml air hangat lalu berkumur menggunakan larutan tersebut sebanyak empat kali dalam sehari.

Apabila ingin mengurangi rasa gatal di tenggorokan, berkumurlah dengan obat kumur yang mengandung astringen untuk mengencangkan membran. Bisa juga menggunakan air yang dicampurkan dengan madu atau cuka apel.

Neti Pot

Neti pot adalah wadah kecil seperti teko yang memiliki muara kecil di ujungnya. Anda dapat mengisinya dengan larutan garam ke dalamnya, kemudian gunakan untuk mengirigasi hidung yang pilek.

Aliri salah satu rongga hidung, maka cairan tersebut akan keluar dari lubang hidung lainnya. Cara ini efektif untuk mengatasi masalah hidung berair dan tidak nyaman.

Mengonsumsi Minuman Hangat

Untuk meredakan hidung tersumbat, Anda bisa mengonsumsi minuman hangat. Selain untuk mengatasi hidung tersumbat, minuman hangat juga membantu mencegah dehidrasi dan menenangkan lapisan membran hidung dan tenggorokan Anda yang meradang dan tidak nyaman.

Apabila merasa sesak hingga tidak bisa tidur di malam hari, cobalah untuk minum minuman hangat seperti secangkir teh herbal panas yang dicampur dengan satu sendok teh madu.

Makan Makanan yang Pedas

Makan makanan yang pedas mampu meringankan gejala hidung tersumbat. Karena, zat capsaicin dalam cabai memiliki efek mengencerkan lendir dan efek dekongestan yang bisa melegakan saluran hidung.

Jadi, saat makan pedas dan ingus dari hidung semakin meler, saat itu juga waktu yang tepat untuk mengeluarkannya.

Terapi Uap

Sebuah studi menyebutkan bahwa menghirup uap panas telah terbukti sebagai cara meredakan pilek dengan cepat. Selain menghirup uap dari secangkir teh panas, Anda juga bisa menguapi wajah di atas air panas seperti cara berikut ini:

  • Panaskan secukupnya air bersih dalam panci di atas kompor. Jangan sampai mendidih agar tidak terlalu panas.
  • Tambahkan peppermint atau minyak kayu putih secukupnya (bila perlu).
  • Posisikan wajah di atas uap selama 20 -30 menit. Hirup napas dalam-dalam melalui hidung. Jauhkan wajah apabila terasa terlalu panas pada wajah Anda.
  • Supaya lebih banyak uap yang terhirup, tudungi bagian atas kepala Anda dengan sehelai kain atau handuk.

Istirahat

Ketika terserang pilek, Anda harus segera beristirahat setidaknya pada beberapa hari pertama. Sebab, tubuh membutuhkan waktu untuk pulih dari pilek dengan cepat.

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa beberapa hari pertama pilek dan satu atau dua hari sebelumnya, bahkan sebelum Anda mengetahui jika Anda sakit pilek, merupakan saat yang paling rentan untuk menularkan virus pilek.

Nah, demikianlah beberapa tips dan cara meredakan pilek dengan cepat secara alami, tanpa harus menggunakan obat-obatan dari dokter. Semoga bermanfaat, ya!

Post a Comment for "Berbagai Cara Meredakan Pilek dengan Menggunakan Cara Tradisional dan Alami"

RajaBackLink.com