Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membagi Layar Laptop Menjadi 2 pada Windows 10 Tanpa Aplikasi

Cara membagi layar laptop menjadi 2 atau beberapa bagian tidaklah sulit. Langkah ini membantu Anda yang memiliki pekerjaan yang menumpuk dan ingin menyelesaikannya secara cepat. Terlebih Anda yang ingin mengakses kedua aplikasi atau lainnya secara bersamaan.

Pengguna yang sedang menulis di Microsoft word maupun dokumen lainnya dengan membaca referensi juga membutuhkan cara akses layar bagi dua agar lebih mudah. Untuk itu pelajari langkahnya mulai sekarang.

Ikuti Cara Membagi Layar Laptop Menjadi 2 Paling Tepat

Hal ini bisa Anda lakukan dengan beberapa cara sebagai berikut.

Membagi Layar Dengan Keyboard

Anda bisa membagi layar dengan menggunakan keyboard. Pertama dengan membuka jendela aplikasi yang tersemat di layar. kemudian Anda klik tombol windows dan arah secara bersamaan. Hal ini untuk menyesuaikan letak jendela aplikasi.

Setelah itu, Anda ulangi pada aplikasi yang ingin Anda pasang dan gunakan fitur Snap Assist apabila tersedia. Sebenarnya menggunakan pintasan tombol keyboard adalah cara membagi layar laptop menjadi 4 atau menjadi beberapa bagian.

Saran Rekomendasi: 6 Benda Dulu yang Masih Dipakai Sampai Sekarang! Penasaran?

Anda mengarahkan letak jendela aplikasi ke lokasi yang Anda inginkan. Misalkan Anda menekan tombol windows +arah kanan dan windows + arah atas untuk menggeser ke pojok kanan atas layar.

Split Screen dengan Kursor

Sedangkan membagi layar dengan menggunakan kursor dapat Anda lakukan dengan cara split screen windows 10 berikut.

  1. Cara membagi layar laptop menjadi 2 pertama adalah buka aplikasi atau tab yang akan Anda bagi di layar. Kemudian Anda arahkan kursor ke bagian title bar. Pastikan baris atas sejajar dengan tombol minimize dan close.
  2. Setelah itu, klik kemudian tahan pada mouse. Tariklah aplikasi ke kanan atau kiri sesuai dengan kebutuhan Anda hingga ukuran tersebut menjadi separuh layar. Selain cara tersebut Anda juga bisa mengarahkannya ke bagian sudut-sudut layar apabila ingin membagi tampilan menjadi 4 bagian.
  3. Setelah Anda berhasil menyematkan aplikasi pada salah satu bagian maka menempelkan aplikasi lain pada sisi berbeda dapat secara mudah.

Atur Ukuran Jendela

Anda juga dapat melakukan pembagian layar menjadi 2 dengan mengatur ukuran jendela aplikasi. Yakni cara konvensional yang bisa Anda coba.

Pertama pastikan Anda telah membagi layar tersebut menjadi dua. Kemudian Anda arahkan kursor ke tengah garis antara keduanya atau tengah-tengah. Apabila kursor telah berubah menjadi panah dua arah maka tinggal klik kemudian tahan. Setelah itu, sesuaikan dengan ukuran yang Anda kehendaki.

Gunakan Snap Assist

Cara membagi layar laptop menjadi 2 dapat dilakukan secara mudah dengan Snap Assist. Namun untuk melakukannya pastikan Anda telah membuka semua yang akan Anda tampilkan kelayar. Sematkan salah satu aplikasi pada sisi tertentu seperti cara sebelumnya.

Kemudian saat Anda berhasil maka akan muncul beberapa thumbnail aplikasi. Anda klik thumbnail dari aplikasi tersebut. Nah, Snap Assist adalah fitur pembantu yang akan muncul ketika Anda berhasil menyematkan sebuah jendela atau aplikasi pada sisi tertentu pada tampilan layar laptop. Terutama jika masih ada ruang dan dapat digunakan.

Baca Juga : Apakah Layar Laptop Kalian Error Seperti Blank Hitam? Mungkin Artikel Ini Bisa Membantu Anda!

Sebenarnya dengan fitur ini maka seluruh aplikasi yang sudah terbuka pada laptop akan menjadi thumbnail untuk menjalankan sisi lain. Hal ini membuat Anda tidak perlu mengulang langkah yang sama berulang kali untuk membagi layar laptop tersebut. Sisi lain cara split screen di laptop lebih singkat.

Membagi layar di Windows 10 kini mendukung pengoperasian menggunakan kursor, keyboard, dan juga Snap Assist. Cara membagi layar laptop menjadi 2 tersebut sangat mudah untuk Anda terapkan. Selamat mencoba. 

Post a Comment for "Cara Membagi Layar Laptop Menjadi 2 pada Windows 10 Tanpa Aplikasi"

RajaBackLink.com