Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Screenshoot di Windows 10, Mudah Tanpa Instal Aplikasi

Mengambil screenshot atau print screen adalah cara yang kerap Anda lakukan pada saat ingin mengabadikan suatu tampilan di layar. Terdapat banyak metode yang dapat kamu pakai untuk mengambil screenshoot ini mulai dari cara yang sederhana alias tanpa software, sampai yang memakai 3rd party software. Nah, pada kesempatan kali ini, admin akan memberikan beberapa cara screenshoot di Windows 10 (yang kemungkinan juga bekerja pada Windows sebelumnya).

Cara Screenshoot di Windows 10, Temukan Disini!

Melakukan screenshot pada Windows 10 tidaklah susah. Ya, fitur screenshoot ini adalah fitur yang cukup dibutuhkan untuk setiap orang, apalagi pelajar maupun para pekerja. Dengan memakai fitur screenshoot ini, Anda bisa membuat laporan mengenai tugas maupun pekerjaan Anda

Apabila biasanya Anda mengambil screenshot dengan memakai ponsel Anda, maka pada tutorial kali ini Anda bisa melakukan screenshoot dengan menggunakan laptop maupun komputer PC Anda. Berikut ini cara mudah screenshoot pada Windows 10 yang bisa Anda coba.

Gunakan Tombol Print Screen

Cara screenshoot di windows 10 yang pertama dan paling gampang Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan tombol Print Screen 'PrtSc' atau 'Fn' + PrtSc' di tombol keyboard. Dengan demikian maka gambar bakal tercopy (tersalin) ke clipboard, lalu paste ke aplikasi image editor, contohnya dengan memakai Microsoft Paint.

Menggunakan Snipping Tools

Kedua, cara screenshoot di laptop Windows 10 yang bisa Anda lakukan yaitu dengan memakai software bawaan dari Windows berupa Snipping Tools. Nah, dengan memanfaatkan Snipping Tools ini, Anda punya beberapa metode pengambilan screenshoot, antara lain:

  • Mengambilnya sesuai bentuk yang Anda inginkan (Free-from Snip)
  • Ambil screenshoot dengan bentuk persegi (Rectangular Snip)
  • Mengambilnya menurut Windows yang Anda pilih (Windows Snip)
  • Ambil screenshoot dengan layar berukuran penuh (Full-Screen Snip)

Nah, pada Windows 10, Snipping Tools ini sudah ditambahkan dengan fitur 'Delay' yang memiliki fungsi untuk memberi jeda waktu tertentu pada saat pengambilan screenshoot.

Pakai Kombinasi Tombol ALT + Print Screen

Cara penangkapan layar pada Windows 10 ini adalah cara alternative. Pasalnya, tidak seluruh kompiter bisa melakukan screenshoot dengan menggunakan tombol print screen (terlebih laptop), beberapa di antaranya butuh kombinasi tombol, seperti kombinasi ALT + Print Screen.

Langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Silahkan membuka aplikasi yang ingin Anda screenshoot
  • Lalu tekanlah tombol kombinasi ALT + Print Screen
  • Selanjutnya bukalah aplikasi Paint dengan cara mengetikkan pada kolom pencarian (search) 'Paint' lalu tempelkan hasil screenshoot tadi dengan cara tekan tombol Ctrl + V dan save gambarnya.

Kombinasi Windows + Print Screen

Cara screenshoot di windows 10 ini juga sama seperti sebelumnya, yang membedakan hanya tombol kombinasinya saja. Untuk cara gampang screenshoot di Windows 10 ini tombol kombinasinya yaitu Windows + Print Screen. Kombinasi ini lebih simpel, sebab Anda tidak perlu membuka lagi aplikasi Paint.

Artikel Terkait: Inilah Alasan Laptop Kamera Kalian Mulai Buram!

Berikut langkah-langkahnya:

  • Bukalah tampilan layar yang akan di screenshot lalu klik kombinasi tombol Windows + Print Screen. Untuk kombinasi satu ini, layar bakal berkedip.
  • Nah, seperti yang sebelumnya diterangkan mengapa tidak perlu membuka aplikasi Paint lagi untuk menempelkan hasil screenshotnya? Sebab, secara otomatis gambar bakal tersimpan di folder screenshot. Nah, jika Anda ingin mengeceknya, tinggal masuk ke Windows Explorer > masuk ke drive C:\Users(Nama usernya)\Pictures\Screenshoots
  • Hasil gambar telah tersimpan dalam format PNG

Namun, hindari terlalu banyak menekan tombol Windows + Print Screen ini, ya! Sebab nantinya hasil; gambar yang tersimpan akan semakin banyak. Sehingga Anda pun bakal kesusahan mencari filenya. 

Baca Juga : Apa Saja Benda Pendukung Namun Berguna Di Laptop?

Pakai Game Bar

Pada Windows 10 ini, Microsoft juga sudah menambahkan salah satu fitur keren yaitu Game Bar. Ya, Game Bar adalah pilihan untuk mengambil screenshot atau dapat juga untuk merekam (merecord) layar. Untuk mengaktifkannya, pakailah kombinasi tombol Win + G.

Untuk pengambilan gambarnya, Anda cukup klik pilihan 'Screenshoot' atau pakai kombinasi tombol 'Win + Alt + PrtSc'. Dengan demikian, maka secara otomatis gambar tersebut akan tersimpan, yang secara default ada di  ‘C:\Users\User\Videos\Captures‘.

Nah, itulah beberapa cara screenshoot di windows 10 yang bisa Anda coba. Selain cara diatas, masih banyak cara atau software yang bisa kamu gunakan untuk mengambil screenshot. Mana yang menurut Anda paling mudah?

Post a Comment for "Cara Screenshoot di Windows 10, Mudah Tanpa Instal Aplikasi"

RajaBackLink.com