Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Mic Headset Yang Rusak

Punya headset rasanya tidak afdol jika tidak memiliki mikrofon. Apalagi jika mic headset tersebut rusak. Jangan gelisah terlebih dahulu karena kami berikan cara memperbaiki mic headset yang rusak agar bisa kembali normal.

Mic headset yang rusak biasanya disebabkan karena beberapa hal salah satunya yaitu terjepit dengan keras, kabel headset yang tertarik dan tersimpan yang tidak terjaga.

Informasi Penting! Silahkan Beli HP yang Terbaru dengan Adanya Fitur Charger Secara Cepat.

Cara Memperbaiki Mic Headset Yang Rusak

Sebenarnya dalam cara memperbaiki headset yang bermasalah unit cukup bervariasi dan tergantung dengan kerusakannya.

Pastikan Mic Headset Bermasalah

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan bahwa mic headset tersebut rusak. Bagaimana caranya? Caranya adalah gunakan headsetnya terlebih dahulu dengan merekam suara.

Jika headsetnya normal, suara bisa terekam dengan baik. Jika suara tidak terekam berarti memang mic gadget tersebut bermasalah.

Tekuk Kabel Sekitar Mic

Langkah selanjutnya silahkan coba goyangkan atau dengan menekuk-nekuk kabel headset yang dekat mikrofon. Seringkali mikrofon bermasalah karena kabel soket antara soket mic dengan kabel terputus.

Biasanya dengan menggoyangkan atau menekuk kabel-kabel yang dekat dengan mic terkadang tersambung dan terputus. Jika memang demikian berarti microphone kabel headset rusak.

Bongkar Kotak Mic Headset

Dalam proses membongkar kotak mik headset ini butuh pengalaman dan perlakuan dengan hati-hati. Jika tidak berhati-hati takutnya nanti akan rusak total sampai tidak bisa diservis kembali.

Untuk membongkarnya lebih baik dengan cara membuka setiap tepi garis dengan pelan-pelan. Jangan membuka tutup mic dengan kasar. Dengan begitu nanti anda bisa mengembalikan posisi semula tanpa harus merusak rumah atau kotak mic headset.

Perhatikan Setiap Kabel yang Tersambung

Di posisi ini perhatikan setiap kabel yang tersambung dengan baik. Jika terdapat kabel yang terputus, menandakan kesalahan mic yang rusak berada di situ.

Mengingat setiap jenis headset itu bermacam-macam dan pada umumnya dalam satu kabel headset terdiri dari 4 macam warna. Setiap warna kabel memiliki fungsi masing-masing.

Jika Anda bingung terdapat satu kabel yang terputus dan seharusnya menempel di bagian sebelah mana, coba perhatikan kabel ujung sebaliknya.

Biasanya kabel antara yang sebelah kanan atau kiri memiliki warna yang sama dan memiliki tempat posisi masing-masing.

Pada posisi ini siapkan solder dan timah untuk menyambungkan kabel yang tidak tersambung. Silakan lakukan penyambungan dengan solder untuk cara mengatasi mic headset yang rusak ini.

Seharusnya mic headset sudah berfungsi normal namun lalu bagaimana jika masih tidak berfungsi atau masih rusak?

Cara Memperbaiki Mic Headset Yang Rusak Terakhir Putus Kabel Mic dan Sambungkan Kembali

Solusi selanjutnya jika mic headset masih belum berfungsi, cobalah untuk memutus kabel headset yang tersambung antara kotak mic kurang lebih 5 cm dari kotak mic nya.

Namun jangan lupa untuk mengingat-ingat posisi setiap warna kabel tersambung di sebelah mana. Jika kabel sudah terputus semuanya silahkan kupas setiap ujung kabel yang nantinya akan disambungkan lagi menggunakan solder ke kotak mic.

Setelah ujung kabel terkelupas sekarang waktunya untuk penyolderan lagi dengan berhati-hati. Mengingat mesin mic headset itu sangat kecil jadi setiap penyolderan harus pelan-pelan agar tidak merusak komponen lainnya.

Baca Juga: Kamu Sering Sulit Tidur? Segeralah Lakukan Cara Ini!

Poin penting di sini anda harus mengingat-ingat setiap warna kabel dan menyambungkan ke rumah kotak mic dengan benar. Jika ada salah satu kabel yang salah maka sudah jelas mic headset tidak berfungsi.

Kita sudah tersambung sekarang tutup kotak mic headset kemudian silahkan dicoba merekam suara lagi. Di posisi ini dalam cara memperbaiki headset yang rusak bisa bekerja dengan baik.

2 comments for "Cara Memperbaiki Mic Headset Yang Rusak"

  1. Sayang ya, terkadang umunya kalau mic headset gak jalan main buang aja, ternyata disini jalannya untuk mencoba memperbaiki nya

    ReplyDelete
  2. Nanti setelah membaca artikel ini jangan lupa untuk dipraktekan ya....

    ReplyDelete
RajaBackLink.com