Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Seperti Inilah Cara Menurunkan Panas Demam Pada Bayi Tapi Tidak Menggunakan Obat

Cara Menurunkan Panas Pada Bayi Tanpa Menggunakan Obat

Demam pada bayi bisa Anda rasakan jika suhu tubuhnya mencapai 38 derajat celcius atau lebih. Hal tersebut bisa terjadi karena berbagai hal, mulai dari infeksi virus atau bakteri, demam pasca imunisasi, hingga menggunakan baju yang terlalu tebal.

Sebanarnya, demam atau panas pada bayi itu normal dan sebagian besarnya tidak perlu Anda cemaskan. Sebab, hal tersebut merupakan reaksi alami dari sistem kekebalan tubuh ketika melawan serangan kuman penyebab infeksi, seperti bakteri atau virus.

Sebagian besar demam pada bayi memang tidak perlu dikhawatirkan, akan tetapi Anda harus tetap mewaspadai tanda-tanda demam atau panas pada bayi yang memerlukan pemeriksaan serta penanganan yang lebih lanjut dari dokter. Kondisi tersebut di antaranya:

  • Bayi usia < 3 bulan yang mengalami demam mencapai 38 derajat celcius atau lebih.
  • Bayi berusia 3 – 6 bulan yang mengalami demam dengan suhu tubuh mencapi 39 derajat celcius atau lebih.
  • Demam yang sudah berlangsung lebih dari 5 hari dan tidak kunjung membaik.
  • Demam bersamaan dengan gejala muntah dan diare.
  • Demam disertai ruam merah di kulit bayi.
  • Demam yang menyebabkan dehidrasi, tanda-tandanya ialah gejala mulut kering, popok kering, dan bayi menangis tanpa air mata.
  • Demam disertai kejang atau penurunan kesadaran.
  • Demam yang membuat bayi terlihat sangat lemas.

Selain jenis demam di atas yang perlu penanganan dokter, ada juga beberapa cara cepat menurunkan panas pada bayi tanpa obat yang bisa Anda coba sebagai pertolongan pertama. Simak baik-baik, ya!

Mengompres dengan air hangat

Pertama, ialah dengan mengompres bayi menggunakan air hangat. Hal ini bisa Anda lakukan apabila demam atau panas yang si kecil derita hanya bersifat sementara.

Kompres dengan air hangat ini memang efektif dalam jangka waktu yang pendek. Namun, dalam beberapa kondisi, bisa saja manfaatnya menjadi kurang maksimal. Segera konsultasikan kepada dokter jika demam pada bayi tidak kunjung reda.

Hindari mengenakan pakaian tebal

Sebagian besar orang masih berpikir jika seseorang menderita demam, perlu mengenakan pakaian yang tebal. Faktanya, kondisi suhu tubuh yang terus memanas justru harus menghindari pakaian tebal, meskipun bayi Anda terlihat menggigil kedinginan.

Pakaian tebal hanya akan membuat bayi merasa tidak nyaman, sebab tubuh kecilnya jadi kesulitan untuk mengeluarkan panas. Sehingga, butuh waktu yang lebih lama untuk menurunkan demamnya.

Menjaga suhu kamar

Ketika bayi mengalami demam, usahakan untuk selalu menjaga suhu ruang tidur bayi agar tetap terasa sejuk. Anda bisa menggunakan penyejuk udara atau kipas angin, namun jangan diarahkan langsung kepada bayi. Menjaga suhu kamar bayi agar tetap sejuk merupakan salah satu cara cepat menurunkan panas bayi tanpa obat.

Lap atau memandikan bayi dengan air hangat

Jika ingin membersihkan atau memandikan bayi yang demam, Anda bisa menggunakan lap atau memandikannya dengan air hangat (suam-suam kuku). Memandikan bayi dengan air dingin hanya akan meningkatkan suhu tubuh si kecil nantinya.

Info Menarik: Beberapa jenis obat yang dapat mengatasi radang tenggorokan!

Berikan minum yang cukup

Ketika mengalami panas atau demam, bayi kehilangan sejumlah cairan karena terjadi penguapan di kulitnya. Sehingga bisa menimbulkan dehidrasi. Untuk mencegahnya, pastikan tubuh si kecil tetap terhidrasi dengan memberikan asupan cairan seperti ASI atau susu formula dalam jumlah yang cukup.

Demikian beberapa tips atau cara cepat menurunkan panas pada bayi tanpa obat sebagai pertolongan pertama di rumah. Jika cara-cara di atas belum berhasil, segera bawa bayi Anda ke dokter atau klinik terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat!

Post a Comment for "Seperti Inilah Cara Menurunkan Panas Demam Pada Bayi Tapi Tidak Menggunakan Obat"

RajaBackLink.com