Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Rekomendasi Obat Gusi Bengkak, Mulai Dari Obat Alami Hingga Obat Apotik yang Dipercaya

Rekomendasi Obat Gusi Bengkak, Mulai Dari Obat Alami Hingga Obat Apotik

Saat mengalami gusi bengkak, tentu akan sangat mengganggu kegiatan kita. Mulai dari makan, berbicara, bahkan hingga tidur. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui persoalan tentang gusi bengkak, penyebab serta cara mengatasinya.

Gusi yang sehat mempunyai warna merah mudah, stabil, tidak goyah saat kita sentuh dan memiliki tekstur bintik-bintik seperti kulit jeruk. Namun, jika gusi kita berwarna merah terang bahkan sampai pendarahan, bisa jadi gusi kita sedang mengalami peradangan.

Tanda dari gusi bengkak biasanya terdapat bagian gusi yang mengalami pembesaran, menonjol dan menggelembung. Kondisi tersebut bisa jadi merupakan tanda awal dari peradangan gusi yang bersifat kronis. Apabila mengalami kondisi yang demikian, kita perlu mengetahui cara mengatasinya dengan segera.

Obat Gusi Bengkak Alami

Sakit karena gusi bengkak memang membuat tidak nyaman. Berikut ini beberapa obat gusi bengkak berbahan alami yang mudah kita temukan di rumah.

Berkumur air garam

Cara ampuh untuk mengobati gusi bengkak adalah berkumur menggunakan air garam. Untuk membuat larutan ini, campurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, aduk hingga semua garam terlarut. Setelah itu, kumur-kumur dengan larutan tersebut selama 30 detik. Lakukan cara ini sebanyak 3 kali sehari.

Kompres dengan kantong teh

Kantong teh nyatanya dapat menjadi obat gusi bengkak alami yang mudah kita gunakan. Seduh kantong teh yang bersifat anti-inflamasi seperti teh hitam atau teh hijau dalam secangkir air panas.

Setelahnya, angkat dan diamkan beberapa saat. Kemudian, tempelkan langsung ke gusi yang bengkak, lalu tunggu selama kurang lebih 5 menit. Ada beberapa bahan alami lain yang bisa kita gunakan untuk mengatasi gusi bengkak, seperti kunyit, air rebusan daun jambu biji, dan sebagainya.

Obat Gusi Bengkak Bernanah di Apotik

Selain menggunakan bahan alami, kita juga bisa menggunakan obat gusi bengkak yang dapat kita beli di apotik terdekat.

Hidrogen Peroksida

Salah satu penyebab gusi bernanah adalah masuknya bakteri saat gusi kita terinfeksi. Berkumur menggunakan hidrogen peroksida dipercaya efektif untuk mengatasi bakteri serta masalah gigi yang disebabkan oleh infeksi. 

Campurkan dengan air dan gunakan untuk berkumur selama 30 detik. Ingat! Karena hidrogen peroksida termasuk larutan yang tergolong berbahaya, jangan sampai tertelan, ya.

Obat Pereda Nyeri

Obat pereda nyeri menjadi salah satu obat gusi bengkak bernanah di apotik yang bisa kita gunakan. Cara kerjanya ialah dengan menghentikan produksi zat kimiawi yang memicu rasa sakit di otak.

Paracetamol merupakan salah satu obat pereda nyeri yang bisa digunakan dan mudah mendapatkannya di apotik atau warung terdekat. Selain paracetamol, kita juga bisa menggunakan ibuprofen dan antibiotik. Patuhi aturan pakainya agar terhindar dari masalah lain.

Baca Juga : Inilah obat sakit gigi berlubang yang efektif menghilangkan rasa sakit!

Obat Gusi Bengkak dan Sakit

Apabila obat-obatan di atas masih belum terasa khasiatnya, beberapa rekomendasi obat gusi bengkak ini dapat kita coba. 

Chlorhexidine

Chlorhexidine adalah obat kumur antiseptik yang mampu meredakan sakit pada gusi. Biasanya, dokter meresepkan obat ini untuk membunuh bakteri penyebab penyakit gusi. Selain itu, chlorhexidine juga dapat meredakan peradangan gusi, gusi bengkak, dan mudah berdarah.

Namun, obat ini tidak bisa kita gunakan dalam jangka panjang, karena dapat mengubah warna gigi menjadi kecoklatan, menyebabkan rasa aneh di mulut, serta meningkatkan pembentukan gigi.

Pasta Gigi Khusus

Selain obat kumur, dokter juga biasanya meresepkan pasta gigi khusus yang mengandung fluoride dan antibiotik triclosan. Pasta gigi khusus dapat kita gunakan sebagai obat gusi bengkak dan sakit akibat gingivitis, sekaligus membasmi plak yang ada di permukaan gusi.

Cara penggunaannya sama seperti pasta gigi pada umumnya, namun mungkin tergantung anjuran dokter terkait banyaknya pasta gigi yang kita gunakan dalam setiap kali pemakaiannya.


Post a Comment for "Inilah Rekomendasi Obat Gusi Bengkak, Mulai Dari Obat Alami Hingga Obat Apotik yang Dipercaya"

RajaBackLink.com