Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beberapa Rekomendasi Obat Sakit Kepala Berdasarkan Jenisnya

Beberapa Rekomendasi Obat Sakit Kepala Berdasarkan Jenisnya

Setiap orang bisa mengalami sakit kepala, baik yang berusia remaja bahkan hingga lanjut usia. Tingkat keparahan sakit kepala tiap orang berbeda-beda. ada yang hanya merasa tidak nyaman pada kepala, ada pula yang merasakan sakit tak tertahankankan sehingga membuatnya sulit beraktivitas.

Salah satu cara mengatasi rasa sakit kepala yang terus menyerang adalah dengan mengonsumsi obat. Kita bisa membeli obat sakit kepala di apotek tanpa ada resep dokter. Akan tetapi, jenis obat pereda nyeri yang kita gunakan mungkin saja berbeda, tergantung dari penyebab sakit kepala serta gejala lain yang muncul. 

Oleh karena itu, kenali penyebab dan gejala lain yang muncul lalu konsultasikan dengan dokter agar mendapatkan penanganan terbaik.

Obat Sakit Kepala Belakang

Jenis sakit kepala bermacam-macam, salah satunya adalah sakit kepala belakang. Berikut ini merupakan daftar obat sakit kepala belakang yang dapat kita konsumsi apabila mengalaminya.

Aspirin

Apabila penyebab sakit kepala belakang ialah tension headache (sakit kepala tegang), kita dapat mengonsumsi obat aspirin tablet. 

Cara kerja obat golongan salisilat ini adalah menghambat enzim tubuh untuk menghentikan hormon prostaglandin (hormon pemicu rasa sakit) yang terlalu banyak.

Sumatriptan

Obat sakit kepala belakang yang sesuai apabila penyebabnya karena migrain adalah sumatripan. Obat ini termasuk dalam golongan kelas obat triptan, yang bekerja untuk memengaruhi reseptor serotonin di dalam kepala.

Migrain terjadi akibat vasodilation atau pembuluh darah yang melebar. Obat ini diyakini dapat meredakan sakit kepala akibat migrain dengan menyempitkan pembuluh darah.

Octreotide

Octreotide merupakan bentuk sintetis dari hormon somatistatin, yakni salah satu hormon pertumbuhan di dalam otak. Obat ini bekerja untuk mengurangi jumlah hormon somatistatin di dalam tubuh. 

Kita membutuhkan resep dokter apabila ingin menggunakan ocreotide, sebab cara penggunaan obat ini dengan cara disuntikkan ke pembuluh darah sebagai upaya mengatasi sakit kepala di bagian belakang. 

Obat Sakit Kepala Alami

Untuk meredakan sakit kepala, kita juga bisa menggunakan obat sakit kepala yang alami. Berikut uraiannya.

Air Putih

Penyebab umum dari sakit kepala tegang dan migrain adalah karena kekurangan cairan atau mengalami dehidrasi. Dehidrasi dapat mengganggu konsentrasi dan berakibat pada gejala sakit kepala yang tambah buruk. Cukupi kebutuhan minum air putih kita sepanjang hari agar terhindar dari sakit kepala yang menyiksa.

Wedang Jahe

Wedang jahe merupakan minuman yang cukup efektif dalam meredakan sakit kepala. Kandungan antioksidan dan anti-inflamasinya banyak memberikan kita manfaat, termasuk untuk mengatasi sakit kepala migrain. Selain itu, jahe juga dapat membantu mengurangi beberapa gejala lain yang muncul, seperti mual dan muntah. 

Minyak Atsiri

Minyak atsiri atau minyak esensial lavender dan peppermint ini ternyata dapat membantu menghilangkan sakit kepala jenis ketegangan. Cara pengunaannya sebagai obat sakit kepala alami juga cukup mudah. Tinggal oleskan minyak atsiri ke bagian pelipis, lalu pijat secara perlahan.

Info Menarik : Obat radang yang mengatasi sakit tenggorokan!

Obat Sakit Kepala Sebelah Kanan

Sakit kepala sebelah kanan dapat berlangsung dari mulai hari, minggu, bahkan bulan. Berikut ini rekomendasi obat-obatan untuk mengatasi sakit kepala sebelah kanan.

Obat Pereda Nyeri

Sakit kepala sebelah kanan yang tergolong ringan dan bukan disebabkan oleh masalah kesehatan serius, dapat kita atasi dengan mengonsumsi obat sakit kepala yang tersedia di apotek, seperti paracetamol, aspirin dan ibuprofen.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa paracetamol lebih ampuh mengatasi sakit kepala sebelah akibat migrain ketika digunakan bersamaan dengan aspirin dan kafein.

Dihydroergotamine

Dihydroergotamine merupakan obat sakit kepala sebelah kanan yang bisa kita hirup langsung atau disuntikkan ke dalam vena, otot, atau di bawah kulit. Obat ini perlu penanganan serius dari dokter agar tidak salah kaprah.

Kandungan dhydroergotamine bermanfaat membantu mempersempit pembuluh darah di kepala, sehingga mampu mengurangi efek berdenyut saat sakit kepala.

Post a Comment for "Beberapa Rekomendasi Obat Sakit Kepala Berdasarkan Jenisnya"

RajaBackLink.com