Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam-macam Obat Asam Urat yang Mudah Dicari dan Beli

Jenis Obat Asam Urat yang Perlu Diketahui

Kelebihan asam urat dalam darah atau istilah medisnya bernama hiperurisemia adalah penyebab dari penyakit asam urat. Tubuh memproduksi asam urat ketika memecah purin, yakni senyawa yang terdapat pada makanan tertentu, seperti daging dan seafood.

Biasanya, asam urat akan larut dalam darah dan keluar menjadi urine yang melalui ginjal. Apabila tubuh terlalu banyak memproduksi asam urat, maka akan menumpuk lalu membentuk jarum kristal yang dapat memicu peradangan serta rasa sakit pada sendi dan jaringan di sekitarnya.

Penyakit asam urat dapat sulit untuk dokter diagnosis sebab gejalanya yang mirip dengan gangguan kesehatan yang lain. Dokter mungkin akan menyarankan kepada kita untuk melakukan pemeriksaan darah untuk mengetahui kadar asam urat dalam darah di tubuh kita.

Obat Asam Urat di Apotik

Untuk mengatasinya, kita dapat mengonsumsi obat asam urat yang tersedia di apotik-apotik terdekat. Berikut daftarnya.

Recolfar 

Recolfar termasuk obat yang mengandung colchicine yang dapat mengobati asam urat akibat banyaknya kadar asam urat dalam darah. Kandungan colchicine ini akan menekan jumlah sel darah putih ke area peradangan untuk meredakan radang sendi dan mengurangi rasa nyeri.

Methylprednisolone 

Methylprednisolone tergolong dalam kortikosteroid yang merupakan obat dengan kandungan hormon steroid. Kandungan tersebut berperan dalam meredakan peradangan atau inflamasi di tubuh dan menekan sistem kekebalan tubuh yang berlebih.

Obat asam urat di apotik ini dapat mengatasi penyakit radang sendi, rematik hingga gangguan sistem imun. Selain itu, methylprednisolone juga mampu menghentikan zat penyebab peradangan, nyeri, dan pembengkakan.

Aclonac 

Obat satu ini juga tergolong dalam obat anti-inflamasi non-steroid. Kandungan kalium diklofenak dalamnya dapat membantu mengobati nyeri ringan hingga sedang. Aclonac ini juga dapat mengatasi radang sendi, pengapuran tulang, hingga sakit gigi.

Namun, tetap memperhatikan resep penggunaan obat ini dari dokter atau apoteker meskipun terjual bebas di pasaran.

Baca Juga: Beberapa saran obat mengatasi penyakit asam lambung

Obat Asam Urat Tradisional dan Pantangannya

Berikut ini meripakan beberapa contoh obat tradisional atau herbal yang pernah ahli medis teliti manfaatnya untuk mengatasi asam urat.

Jahe

Tanaman herbal ini memang sering menjadi obat-obatan untuk meredakan nyeri karena peradangan, termasuk menjadi obat asam urat. Kandungan zat aktif dalam jahe (gingerol, gingerdione, dan zingeron) memiliki sifat anti-inflamasi.

Ketiga zat aktif tersebut bekerja dalam menghambat leukotrien dan prostaglandin (pemicu inflamasi) yang ada di dalam tubuh. Cara membuatnya pun mudah, campurkan jahe dengan air hangat atau panas lalu minum seperti teh biasa.

Atau, haluskan jahe sampai berbentuk pasta sebagai kompres atau obat oleh ke area sendi yang terkena. Untuk menghindari iritasi kulit, sebaiknya lakukan tes terlebih dahulu. 

Cuka Apel

Keasaman dari cuka apel dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat radang sendi, termasuk asam urat. Karena, cuka dapat meningkatkan alkanilinitas (kebasaan) tubuh dan juga mempunyai sifat anti-inflamasi.

Meningkatnya alkalisasi urin ini pun meningkatkan pembuangan asam urat dari tubuh. Sehingga, cuka apel kemungkinan dapat mengurangi terjadinya penumpukan asam urat dalam darah. Meski begitu, berhati-hatilah saat mengonsumsi cuka apel karena asam yang tinggi dapat mengikis jaringan kerongkongan dan enamel gigi. 

Cuka apel kemungkinan juga memiliki interaksi negatif dengan beberapa obat, salah satunya diabetes. Jadi, cuka apel ini termasuk dalam obat asam urat tradisional dan pantangannya.

Boswellia

Obat asam urat herbal dari pohon Boswellia mempunyai sifat anti-inflamasi yang berguna bagi penyembuhan asam urat, rematik, dan osteoartritis akibat memburuknya kondisi tulang rawan di sendi.

Obat ini telah melalui pengujian pada manusia dan menemukan bahwa kapsul Boswellia dapat mengatasi nyeri, kekakuan, dan mengembalikan fursi osteoartritis. Dosis 1 gram Boswellia merupakan dosis aman dalam mengonsumsi obat asam urat ini. Karena, jika berlebihan dapat berbahaya bagi organ hati.

Post a Comment for "Macam-macam Obat Asam Urat yang Mudah Dicari dan Beli"

RajaBackLink.com