Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Obat Kulit Kalian Gatal yang Sangat Ampuh dan Bisa Menghilangkan Gatal dalam Beberapa Hari

Obat-Obatan Untuk Mengatasi Gatal Pada Kulit

Tubuh yang terasa gatal terjadi karena beberapa penyebab, mulai dari gigitan serangga, alergi hingga penyakit tertentu seperti diabetes. Gatal-gatal (pruritus) dapat menyerang bagian tubuh tertentu maupun seluruh tubuh.

Terkadang, gatal juga dapat muncul disertai gejala lainnya, seperti ruam kulit, bentol-bentol, kulit kering, bersisik, serta kulit pecah-pecah. Rasa gatal dapat berlangsung sebentar atau mereda dengan sendirinya. 

Namun, keluhan gatal-gatal juga dapat berlangsung lebih lama dan terasa cukup berat hingga mengganggu kenyamanan. Untuk mengatasinya, kita dapat menggunakan obat gatal yang telah disesuaikan dengan penyebab gatalnya di badan. 

Obat Gatal Kulit

Berikut ini beberapa obat gatal yang dapat kita gunakan untuk meredakan keluhan gatal-gatal di badan.

Krim Pelembap

Krim pelembap ini mampu membantu kulit agar terhidrasi dengan baik, sehingga kondisi kulit kering dan gatal dapat teratasi. Kita juga dapat mengoleskan krim pelembap setelah mandi, di mana kondisi kulit masih lembab.

Obat Oles Non-Steroid

Beberapa oles non-steroid dalam bentuk krim, lotion, atau gel yang dapat mengatasi gatal antara lain yang mengandung calamine, menthol, atau pramoxine. Obat-obat sediaan topikal ini mudah kita temukan di apotik terdekat.

Obat dengan kandungan di atas terbukti efektif meredakan rasa gatal akibat alergi, gigitan serangga, atau biang keringat.

Kortikosteroid

Obat kortikosteroid merupakan salah satu obat gatal kulit sekaligus mengurangi peradangan pada kulit, seperti gigitan serangga, dermatitis, hingga eksim.

Obat ini tersedia dalam bentuk tablet atau krim hydrocortisone. Karena tergolong obat-obatan keras, kita memerlukan resep dokter dalam penggunaannya.

Obat Gatal Alami

Selain pengobatan medis, gatal-gatal juga dapat diatasi dengan bahan-bahan alami yang mudah kita temukan. Simak uraiannya berikut ini.

Lidah Buaya 

Gel lidah buaya mampu meredakan iritasi karena kulit gatal atau kulit kering, karena kandungan dalam tanaman tersebut dapat membantu melembapkan dan menjaga tingkat air di dalam kulit kita tetap tercukupi.

Obat gatal berbahan alami ini aman dalam penggunaannya, namun dapat menguji reaksi alergi dnegan mengoleskan sedikit lidah buaya ke telapak tangan.

Oatmeal 

Sifat humektan dalam oatmeal ternyata dapat mengatasi gatal pada kulit serta membantu dalam melembapkan kulit. Untuk mendapatkan manfaatnya, campurkan oatmeal yang berbentuk krim koloid ke dalam bak berisi air yang kita gunakan untuk mandi.

Oatmeal juga memiliki kandungan zat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat mengurangi rasa gatal, kulit kering, dan kulit kasar atau keras.

Minyak Kelapa 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa cukup ampuh untuk mengatasi masalah kulit, termasuk gatal akibat alergi. Tidak hanya memiliki sifat anti-inflamasi, obat gatal alami ini juga dapat menghilangkan rasa sakit karena peradangan. 

Selain itu, dengan mengoleskan minyak ini, juga dapat membantu meningkatkan kadar antioksidan yang berfungsi menstabilkan radikal bebas dan mengatasi peradangan penyebab gatal-gatal.

Obat Gatal Alergi

Jika mengalami gatal karena alergi, berikut ini beberapa obat gatal yang cocok untuk mengatasi alergi yang membuat kita tidak merasa nyaman.

Caladine Cream

Caladine cream memiliki kandungan calamine yang cocok untuk mengobati gatal akibat alergi ringan. Selain itu, caladine juga dapat kita gunakan untuk mengobat kulit gatal karena gigitan serangga dan biang keringan.

Kita bisa membeli obat ini di apotik tanpa resep dokter. Bisa digunakan pada bayi, anak, dan orang dewasa karena terbuat dari bahan-bahan yang aman.

Alleron

Alleron merupakan obat antihistamin yang berfungsi menghambat histamin atau pemicu reaksi alergi, sehingga dapat meredakan gatal karena alergi maupun gigitan serangga. Obat ini tersedia dalam bentuk tablet dan dapat dikonsumsi oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Claritin

Salah satu obat gatal alergi yang ampuh adalah claritin. Obat yang tergolong antihistamin ini dapat mengatasi gejala rhinitis alergi seperti hidung tersumbat, pilek, bersin, atau gatal di bagian hidung.

Kita dapat mengonsumsi claritin sebanyak satu tablet per hari untuk meredakan gejala, baik sebelum atau sesudah makan.

Post a Comment for "Inilah Obat Kulit Kalian Gatal yang Sangat Ampuh dan Bisa Menghilangkan Gatal dalam Beberapa Hari"

RajaBackLink.com