Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teknologi Artinya Bagi Masyarakat, Manfaat dan Dampak Perkembanganya

Teknologi Artinya Bagi Masyarakat, Manfaat dan Dampak Perkembanganya

Teknologi artinya adalah salah satu sarana yang digunakan untuk mempermudah kehidupan manusia serta mempunyai peranan penting dalam mendukung kehidupan manusia. Dalam hidup ini kemajuan teknologi tidak dapat dihindari keberadaannya.

Sebab perkembangan sebuah teknologi akan berjalan seiring dengan majunya ilmu pengetahuan. Dari setiap inovasi yang tercipta, mampu memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Hadirnya teknologi dapat memberikan kemudahan dan juga sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia.




Teknologi Artinya Bagi Masyarakat

Saat ini kehidupan manusia tidak pernah lepas dari kemajuan teknologi. Mengingat perkembangan zaman yang cukup pesat. Dengan keberadaan teknologi telah mempengaruhi masyarakat serta lingkungan di sekitar. Dimana dengan adanya teknologi dapat membantu dalam berbagai hal.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), teknologi merupakan salah satu bentuk metode ilmiah untuk mencapai tujuan yang praktis. Atau ilmu pengetahuan terapan, dapat berarti keseluruhan sarana untuk menyediakan berbagai barang yang diperlukan bagi kelangsungan serta kenyamanan hidup manusia.

Sedangkan berdasarkan dari Encyclopaedia Britannica (2015), teknologi artinya penerapan pengetahuan ilmiah untuk tujuan praktis dalam kehidupan manusia. Atau pada perubahan serta manipulasi lingkungan manusia.

Teknologi pada awalnya diterapkan pada berbagai benda berwujud yang ada fisiknya. Seperti televisi, telepon, kabel dan lain sebagainya. Akan tetapi dengan seiring perkembangan zaman, maka manusia beradaptasi dengan memanfaatkan teknologi untuk memangkas waktu, melipat jarak serta mengaburkan adanya batasan antar negara.

Manfaat Perkembangan Teknologi

Saat ini kebanyakan manusia sangat bergantung dengan adanya teknologi. Bahkan teknologi dapat menjadi kebutuhan dasar bagi setiap orang. Dengan hadirnya teknologi dapat mempermudah orang untuk melakukan aktivitasnya menjadi lebih efektif dan efisien.

Pasalnya, teknologi saat ini telah masuk ke berbagai aspek atau bidang. Mulai dari bidang pertanian dengan hadirnya teknologi mampu meningkatkan hasil panen. Jika dulu untuk membajak, para petani menggunakan tenaga hewan, untuk saat ini dapat menggunakan mesin.

Selain itu, dengan hadirnya teknologi, maka kita dapat terhubung dengan siapa saja dan dimana saja dalam waktu yang realtime. Dengan demikian seolah-olah jarak saat ini bukanlah sebuah penghalang.

Dan dengan kemajuan teknologi pula, kita dapat bertahan selama berada pada masa pandemi seperti saat ini. Dimana pertemuan fisik yang tidak memungkinkan. Namun dengan adanya teknologi, berbagai jenis pertemuan berubah menjadi virtual tanpa harus mengurangi nilai di dalamnya sama sekali.

Baca juga: Mengenal peranan penting teknologi

Dampak Perkembangan Teknologi

Perkembangan teknologi yang cukup pesat tentu akan merubah gaya hidup masyarakat. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, perkembangan teknologi mampu mempermudah hidup secara umum. Dalam perkembangannya, teknologi memberikan berbagai dampak positif juga negatif.

Info Menarik: Benda zaman dulu yang masih digunakan.

Dampak positif dari perkembangan teknologi antara lain:

  1. Mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi dari suatu pekerjaan.
  2. Memudahkan serta memperlancar proses pembelajaran online sepenuhnya.
  3. Dapat berkomunikasi dengan pihak lain meskipun tidak berada pada lokasi yang sama.
  4. Mempersingkat serta mempermudah proses pertukaran informasi.

Sedangkan untuk dampak negatif dari hadirnya perkembangan teknologi yang semakin pesat yaitu:

  1. Berkurangnya sosialisasi antar masyarakat. Hal ini disebabkan karena masing-masing masyarakat terlalu fokus terhadap dirinya yang berinteraksi dengan teknologi.
  2. Menyebabkan adanya candu terhadap gadget yang dimiliki dengan berbagai kecanggihan yang ada di dalamnya.
  3. Teknologi dapat menggantikan peran manusia.

Memasuki era yang semakin modern ini, masyarakat mulai mengadopsi teknologi yang berasal dari luar negeri. Mulai dari gadget, internet hingga berbagai inovasi yang mampu mempermudah kegiatan serta aktivitas sehari-hari.

Dengan demikian, melalui teknologi artinya Indonesia mempunyai peluang yang cukup besar. Namun diperlukan adanya kesadaran serta pergerakan besar supaya perkembangan teknologi dapat berjalan secara optimal.

Post a Comment for "Teknologi Artinya Bagi Masyarakat, Manfaat dan Dampak Perkembanganya"

RajaBackLink.com