Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal 5 Peran Penting Teknologi dalam Bisnis Modern

Zaman sekarang ini merupakan jaman modern dimana kita bisa menemui banyak sekali perkembangan teknologi yang canggih. Perkembangan teknologi tersebut memengaruhi sejumlah bidang dalam kehidupan sehari hari. Salah satunya adalah dalam dunia bisnis. Teknologi memegang peranan yang penting dalam bisnis modern. Mari kita mengenali peran penting teknologi dalam bisnis saat ini. 

Menurut Anda, apakah teknologi sekarang memang penting? Anda mungkin menjawab Ya. Sebab adanya teknologi bisa membuat kita melakukan apa saja dengan mudah dan praktis seperti memperoleh informasi, transaksi, belanja online dan lain sebagainya. Dalam membuat rencana bisnis, satu hal yang harus dipertimbangkan adalah pemanfaatan teknologi itu sendiri.

Mengenal 5 Peran Penting Teknologi dalam Bisnis Modern

Nah, sebagai berikut akan dibahas beberapa peranan penting teknologi untuk bisnis modern yang patut Anda ketahui. Yuk baca.

Komunikasi yang mudah

Dalam sebuah bisnis, komunikasi adalah yang terpenting, tanpa adanya komunikasi bisnis tidak akan mungkin bisa berjalan dengan lancar. Seperti yang biasa kita perhatikan dalam banyak perusahaan, email menjadi sarana utama para karyawan untuk berkomunikasi. Penggunaan email menjadi mudah karena ada akses dari internet.

Selain itu, perkembangan teknologi juga bukan hanya email. Sekarang kita juga bisa saling komunikasi dengan mudah menggunakan sistem obrolan atau chatting, konferensi video, voice over internet protocol atau VOIP dan masih banyak lagi yang lainnya.

Manajemen Data

Teknologi yang semakin maju membuat banyak perusahaan sekarang tidak perlu deretan lemari arsip untuk menyimpan dokumen dokumen perusahaan. Ini berkat adanya database. Sekarang, sebagian besar perusahaan telah memanfaatkannya untuk penyimpanan dokumen versi digital. Dengan demikian manajemen data akan lebih rapi dan karyawan terkait dapat mengakses secara langsung data yang dibutuhkan.

Aktivitas bisnis full time

Selama 24 jam teknologi dapat digunakan. Dengan demikian perkembangan teknologi sekarang akan membantu para pelaku bisnis untuk bisa melakukan kegiatan jual beli dan bisnis lainnya secara full time. Hal ini tentu berbanding terbalik dengan toko offline yang segala aktivitasnya memiliki keterbatasan terhadap waktu dan ruang.

Hubungan baik dan Customer

Teknologi yang memiliki peranan penting dalam mendukung komunikasi antar karyawan juga berlaku untuk para customer atau pelanggan. Misalnya sistem Customer Relationship Management merupakan sebuah sistem yang dirancang untuk menangkap setiap interaksi yang terjadi di perusahaan terhadap para pelanggannya. Sehingga setiap data kronologis tersedia apabila sewaktu waktu dibutuhkan.

Sebagai contoh, ada pelanggan yang menghubungi call center karena terdapat masalah terkait pengiriman barang atau produk yang ia pesan. Keberadaan CRM ini staff perusahaan tersebut bisa segera memberitahukan posisi atau keberadaan barang pesanan si pelanggan. Ini berkat sistem CRM yang menyimpan seluruh interaksi di data record.

Memberikan pengetahuan

Di internet banyak sekali informasi yang bisa kita dapatkan. Hanya cukup satu klik saja semua informasi yang kita butuhkan bisa tersedia. Nah, dalam memulai suatu bisnis dibutuhkan pengetahuan yang tepat, disinilah peran teknologi untuk memberikan informasi dan pengetahuan kepada si pelaku bisnis terkait bagaimana cara membangun bisnis tersebut dan apa saja yang perlu dipersiapkan dan lain sebagainya.


Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang memberitahu Anda mengenali apa saja peran teknologi didalam berbisnis di zaman modern ini. Dalam ruang lingkup kerja, teknologi yang dimanfaatkan sebaik baiknya tentu akan memberikan hasil yang positif untyk menunjang bisnis yang sukses dan diminati oleh masyarakat saat ini. Semoga bermanfaat. 

2 comments for "Mengenal 5 Peran Penting Teknologi dalam Bisnis Modern"

RajaBackLink.com