Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Chipset Terbaik untuk HP Gaming, Wajib Perhatikan dengan Baik

Chipset terbaik untuk HP gaming memang sangat khusus. HP gaming tentu memiliki chipset yang berbeda dengan HP biasanya.

Smartphone saat ini memiliki fungsi yang beragam, termasuk bermain game. Umumnya, game di HP cukup berat. Itulah kenapa, hadirlah HP gaming.

Sesuai namanya, HP gaming memang ponsel yang dirancang secara khusus untuk bermain game. Hal yang membedakan HP gaming dengan HP biasanya adalah spesifikasi dan performanya.

HP gaming memiliki chipset sendiri yang membuat para penggunanya dapat mengakses berbagai game, bahkan yang berat sekalipun.

Chipset Terbaik untuk HP gaming

Secara umum, chipset memang sangat menentukan kemampuan smartphone. Ada banyak jenis chipset yang tersedia di dalam HP.

Jika Anda tengah mencari HP gaming, maka bisa memperhatikan chipsetnya juga. Sebab, jenis chipset gaming akan mempengaruhi performa HP gaming Anda.

Apakah chipset mempengaruhi game? Jawabannya adalah iya. Chipset akan sangat mempengaruhi performa smartphone.

Jika HP gaming menggunakan chipset yang mumpuni, maka akan lebih lancar mengakses berbagai jenis game meski yang beresolusi tinggi sekalipun.

Qualcomm Snapdragon 888 Plus

Pertama ada SoC keluaran brand ternama yang sudah tidak asing lagi. Qualcomm Snapdragon 888 Plus tergolong populer karena sudah memiliki Artificial Intelligence alias AI.

Chipset satu ini mendukung untuk gaming, fotografi, dan keperluan lainnya. Bahkan, performanya tiga kali lipat lebih cepat.

Mediatek Dimensity 9000

Selanjutnya ada Mediatek Dimensity 9000. Ini merupakan chipset yang bagus untuk game awal Taiwan. Chip ini memiliki prosesor desainer Armv 9 model terbaru.

Dari teknologi prosesornya, sekolah chipset ini memiliki kinerja yang mumpuni untuk kebutuhan game saat ini. Apalagi nilai Soc ini adalah 1.309 untuk kategori single dan 4.546 poin untuk multi core.

Apple A15 Bionic

Chipset terbaik untuk HP gaming selanjutnya adalah Apple A15 Bionic. Chipset ini khusus untuk produk Apple, yakni iPhone dan iPad.

Apple A15 Bionic terdiri dari 6 inti yang membuat performanya lebih baik. Kombinasi CPU Apple A15 Bionic membuatnya memiliki kinerja hingga 50% lebih cepat daripada kompetitornya.

Exynos 2200

Chipset berikutnya adalah Exynos 2200. Exynos 2200 adalah SoC unggulan dari pabrikan HP ternama, yakni Samsung.

Dukungan chipset ini adalah Samsung Xclipse Graphic Processing Unit (GPU) yang sangat bagus karena sudah berbasis AMD RDNA 2.

Dari keunggulan GPU ini, sudah bisa dipastikan bahwa Exynos 2200 sangat mumpuni untuk gaming. Bahkan, core CPU Exynos 2200 sudah berbasis ARM yang paling mutakhir.

Google Tensor

Kalau chipset terbaik untuk HP gaming selanjutnya ini besutan Google. Google Tensor masuk ke jajaran atas chipset untuk HP gaming terbaik saat ini.

Google mengklaim bahwa Google Tensor berfokus pada enhanced imaging dan machine learning. Artinya, Anda tetap tidak bisa berekspektasi lebih tinggi soal tenaganya.

Meski begitu, Google Tensor bisa diadu oleh Exynoss 2100 dan chipset masa sekarang lainnya. Kekurangan chipset ini hanya GPU Mali G78 yang terbilang masih inferior daripada GPU yang ada di tahun 2022.

Hisilicon Kirin 9000

Hisilicon Kirin 9000 banyak hadir di smartphone kelas atas atau high end. Fungsi chipset pada HP gaming ini sudah tidak perlu diragukan lagi.

Chipset besutan Tiongkok, Huwaei ini rilis pertama kali pada 2020 lalu. Terdapat 8 inti CPY dan banyak yang mengklaim bahwa chipset ini lebih bagus daripada A13 Bionic maupun Snapdragon 865.

Jadi, Anda bisa memperhatikan spesifikasi chipset terlebih dahulu sebelum membeli HP gaming. Jika menggunakan salah satu chipset terbaik untuk HP gaming tersebut, maka performanya bisa lebih terjamin. Jadi, Anda tidak akan menyesal setelah membelinya. Bermain game pun menjadi lebih lancar dan bebas lag.


Post a Comment for "Chipset Terbaik untuk HP Gaming, Wajib Perhatikan dengan Baik"

RajaBackLink.com