Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Memori Penuh di HP Agar Performa Lancar

Cara mengatasi memori penuh di HP bisa Anda praktikkan agar penyimpanan lega kembali. Sebab, RAM ponsel dalam kondisi penuh akan menghambat pengoperasian perangkat. Pasalnya salah satu komponen penting, RAM bisa mempengaruhi penggunaan perangkat, termasuk ponsel.

Jika RAM penuh, maka aplikasi dalam ponsel tidak bisa berjalan dengan lancar, bahkan juga sama sekali tidak bisa Anda gunakan. Oleh karena itu, perlu mengetahui tips mengatasi RAM HP penuh yang sangat penting. Dengan demikian, kemungkinan adanya masalah bisa dihindari.

Cara Mengatasi Memori Penuh di HP dengan Mudah

Memori handphone yang dalam kondisi penuh menjadikan data penyimpanan menumpuk dan mengganggu performa ponsel. Untuk bisa mengatasi masalah memori Hp tersebut sebenarnya cukup mudah.

Memori internal sebagai elemen penting dalam kinerja ponsel. Sebab, akan berpengaruh terhadap performa ponsel. Hp memang memiliki rentang memori dengan kapasitas 16 Gb. 

Namun, penting untuk memperhatikan kondisi ruang penyimpanan agar masih tersedia. Sehingga akan membuat ponsel bisa bekerja secara optimal. Penggunanya bisa melakukan berbagai cara untuk bisa membersihkan atau menghapus memori. Adapun beberapa hal yang dilakukan untuk mengatasi memori Hp yang penuh, sebagai berikut.

Bersihkan Cache

Untuk memaksimalkan kondisi memori hp penuh, maka bisa mulai dengan membersihkan cache. Cache adalah data sementara dari penggunaan aplikasi yang telah pengguna buka. Jika terlalu sering menggunakan aplikasi, maka data cache banyak yang menumpuk. Sehingga akan membuat memori internal banyak terpakai.

Pengguna bisa mencoba membersihkan aplikasi tertentu pada bagian pengaturannya. Kemudian akan ada pilihan menghapus cache atau menghapus semua datanya. Cara mengatasi memori penuh dengan hapus cache yakni hanya akan menghapus file sementara.

Biasanya seperti pada riwayat penelusuran Chrome atau YouTube. Menghapus data yang akan menghapus cache maupun semua informasi lainnya yang ada dalam aplikasi.

Bersihkan Data

Untuk membersihkan memori HP dengan melakukan pembersihan data atau clear data. Langkah ini yang bertujuan untuk membersihkan data serta pengaturan aplikasi yang tersimpan pada ponsel. Jika melakukan clear data, maka aplikasinya akan kembali terhadap pengaturan awal. Sebagai contohnya jika pengguna ingin melakukan clear data pada WhatsApp.

Semua riwayat chat, panggilan telepon, file foto-foto maupun videonya otomatis menjadi hilang. Langkah ini memang akan membersihkan ruang memori internal. Sehingga jika ada beberapa file penting, maka bisa mencadangkan terlebih dahulu. Misalnya seperti memindahkan pada Google Drive, Cloud, serta memori SD.

Pindahkan File ke Kartu SD

Jika pada ponsel memiliki slot kartu SD, maka gunakan hal tersebut untuk menjadi memori cadangan. Sehingga akan membantu memperluas penyimpanan yang ada. Anda bisa memindahkan foto, video, serta musik pada kartu SD tersebut. Aplikasi juga bisa pengguna pindahkan pada kartu SD.

Cara mengatasi memori penuh ini perlu berhati-hati, karena setelah memindahkan ikon aplikasi layar beranda menjadi hilang. Mengingat, beberapa widget pada aplikasi tidak berfungsi dengan baik akibat perpindahan data tersebut.

Cadangkan File ke Cloud

Memori ponsel yang penuh juga bisa Anda atasi dengan menyimpan pada cloud. Cara satu ini yang cocok Anda lakukan jika memiliki cukup waktu serta ketelitian dalam memilih foto maupun video lama. Kemudian bisa mencadangkannya pada layanan penyimpanan cloud.

Dengan adanya layanan penyimpanan cloud seperti Dropbox, maka bisa memilih agar foto bisa Anda cadangkan secara otomatis. Biasanya setiap kali terdapat akses WiFi sehingga bisa memiliki salinan beberapa foto dengan resolusi penuh.

Banyak cara mengatasi memori penuh di hp yang bisa Anda terapkan. Untuk itu, bisa memilih salah satu metode yang sesuai dengan kondisi ponsel masing-masing.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Memori Penuh di HP Agar Performa Lancar"

RajaBackLink.com