Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Speaker HP Mati, Mudah dan Masalah Teratasi

Cara mengatasi speaker HP mati tidak terlalu sulit untuk Anda coba. Untuk mengatasi speaker HP mati terdapat banyak cara agar masalah segera teratasi. Bahkan, caranya juga tidak sulit Anda lakukan sendiri dari rumah dan tanpa menggunakan peralatan pendukung. Terkadang speaker pada ponsel bisa saja tiba-tiba berhenti dan tidak berfungsi.

Sebagian besar pengguna akan mengenali saat sedang memainkan sebuah musik dan suara sesuatu pada ponsel, namun justru tidak mendengar apapun. Jika hal tersebut terjadi pada Anda, tidak perlu panik. Sebab, terdapat banyak cara untuk mengatasi speaker HP tidak ada suaranya maupun tidak berfungsi. Metode yang bisa Anda terapkan ke ponsel cukup mudah dan membuat speaker berfungsi kembali.

Cara Mengatasi Speaker HP Mati, Berikut Langkahnya

HP saat ini bukan hanya sekedar alat untuk menerima panggilan maupun pesan. Namun memiliki fungsi serupa komputer yang bisa menginstal berbagai aplikasi. Bagi yang mengalami masalah speaker HP mati, ada beberapa langkah untuk mengatasinya. Metode tersebut sangat mudah Anda gunakan. Bahkan tidak perlu menguasai teknologi seperti aplikasi speaker HP mati agar dapat mengatasinya. Adapun beberapa langkah mudahnya, sebagai berikut.

Aktifkan Fungsi Speaker

Jika Anda tidak bisa mendengar suara lawan bicara selama percakapan. Anda bisa coba cek fungsi speaker masih aktif atau tidak. Jika ternyata masih aktif, ikon speaker berwarna serta menyala. Namun jika tidak, bisa ketuk ikon speaker dan fungsinya akan aktif untuk Anda gunakan.

Cek Volume Media

Cara mengatasi speaker HP mati kena air yakni mengecek volume media. Jika Anda masih tidak mendengar apapun, maka perlu cek volume media mati atau suaranya rendah. Anda bisa masuk pada menu settings dan ketuk Sound and Vibration. Selanjutnya ketuk Volume dan geser indikator volume media ke kanan saat akan menaikkan volumenya.

Naikkan Volume In-Call

Jika speaker Anda sudah aktif, kemungkin volume ponsel yang terlalu rendah. Anda bisa tekan tombol volume naik pada HP. Tombol tersebut biasanya ada pada sisi kiri hampir semua ponsel. Tekan tombol tersebut untuk mengetahui indikator level volume. Untuk menaikkannya, bisa tekan tombol maupun geser indikator volume ke kanan. Pastikan hingga Anda mendengar lawan bicara pada ponsel.

Pastikan Fitur Do Not Disturb Tidak Aktif

Fitur satu ini kemungkinan menjadi penyebab speaker atas HP mati. Untuk bisa menonaktifkan sistem pengaturan tersebut, maka bisa masuk ke Settings. Selanjutnya perlu matikan tombol Do Not Disturb.

Bersihkan Speaker

Speaker HP Anda mungkin saja kotor atau tersumbat, sehingga perlu membersihkannya agar suara dari speaker jelas. Sebelum Anda bersihkan, sebaiknya matikan HP terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan kompresor udara jika akan meniup debu dalam speaker. Anda mungkin menemukan masalah sumbatan lainnya pada speaker yang menghambat fungsinya.

Restart HP

Cara mengatasi speaker telepon mati bisa melakukan restart. Restart seringkali bisa membantu menyelesaikan masalah gangguan program perangkat lunak. Anda bisa tekan dan tahan tombol power hingga melihat adanya opsi pada layar ponsel. Sebaiknya ketuk restart untuk mengulang pengaturan HP Anda.

Matikan Ponsel dan Nyalakan Kembali

Jika restart ternyata tidak menyelesaikan masalah, maka beberapa masalah teknis pada HP yang mengharuskan Anda mematikan serta menyalakan lagi. Anda bisa tekan serta tahan tombol power, lalu tekan Power off. Setelah Anda menyalakan HP, coba tes suara speakernya.

Ada banyak cara mengatasi speaker HP mati yang bisa Anda lakukan. Pastikan Anda mengikuti semua tips dengan benar, sehingga masalah tersebut bisa teratasi. Namun jika masih gagal, akan lebih baik mendatangi ahlinya.  

Post a Comment for "Cara Mengatasi Speaker HP Mati, Mudah dan Masalah Teratasi"

RajaBackLink.com