Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenali Penyebab Layar HP Tidak Bisa Disentuh dan Cara mengatasinya!

Di era digital ini, banyak sekali teknologi modern yang hadir dan bisa kita gunakan, salah satunya teknologi touch screen atau layar sentuh. Menggunakan HP layar sentuh memang lebih praktis, namun ada juga permasalahan yang terjadi seperti touchscreen yang tidak berfungsi. Ada beberapa penyebab layar HP tidak bisa disentuh yang perlu Anda kenali.

Ini Dia Penyebab Layar HP Tidak Bisa Disentuh

Permasalahan pada touchscreen HP memang kerap terjadi dan sering dialami pengguna Hp saat ini. Layar HP yang tidak bisa disentuh pastinya akan mengganggu aktivitas pengguna smartphone.

Saran Rekomendasi: Gaya Desain Baru Pada HP Menggunakan Layar Lipat!

Sebenarnya, apa saja penyebab touchscreen HP menjadi tidak bisa disentuh? Simak penjelasannya berikut ini:

1. Ponsel Terkena Air

Salah satu penyebab masalah layar HP tidak dapat disentuh yaitu karena ponsel Anda telah terkena air. Hal ini bisa terjadi saat ponsel Anda terkena air hujan atau tercebur ke air. Sedangkan, ponsel Anda belum dibekali teknologi anti air.

Ketika air masuk ke dalam ponsel, maka bisa mengakibatkan korsleting pada sistem operasinya. Dengan begitu, layar HP Anda jadi tidak bisa disentuh atau mengalami error.

Cara mengatasi layar hp tidak bisa disentuh karena terkena air yaitu dengan mengeringkan semua bagian yang terkena air hingga kering. Anda bisa membuka dan mengeringkan komponen yang terkena air.

2. Ponsel Terjatuh

Saat ponsel terkena benturan akibat terjatuh, biasanya akan mengakibatkan permasalahan seperti layar yang tidak bisa disentuh.

Maka dari itu saat handphone terjatuh, segeralah untuk mengecek kondisi fisik perangkat tersebut! Apabila tidak terjadi kerusakan, pada umumnya layar akan bisa berfungsi dan bisa merespon sentuhan jari Anda dengan baik.

Bisa saja masalah touchscreen tersebut disebabkan oleh sistem operasinya. Namun, jika layar tidak retak namun touchscreennya tidak bisa, bisa jadi masalahnya pada soket jalur LCD yang lepas.

3. RAM HP Penuh

Seiring pemakaian, kapasitas pada RAM smartphone Anda tentunya lama kelamaan akan penuh. Pada saat RAM HP penuh, bisa berdampak pada layar yang tidak bisa menerima respon sentuhan. Hal ini menyebabkan ketidaknyamanan pengguna ponsel.

4. Salah Penggunaan Charger

Penggunaan charger yang tidak tepat ternyata juga memiliki dampak negatif untuk HP. Lebih baik Anda menggunakan orisinalitas charger agar performa HP Anda tetap bisa maksimal.

Meskipun tidak semuanya, menggunakan charger yang tidak orisinil ternyata bisa merusak komponen hp. Salah satunya yaitu munculnya permasalahan layar hp tidak bisa Anda sentuh.

Solusi Layar HP Tidak Bisa Disentuh

Ada beberapa solusi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi layar HP tidak bisa disentuh. Diantaranya adalah sebagai berikut;

1. Matikan Daya HP Sementara

Cara mengatasi masalah touchscreen yang tidak respon yaitu dengan mematikan smartphone.  Tujuannya tidak lain untuk mendinginkan ponsel yang panas atau suhunya tinggi.

Lantas, bagaimanakah cara mematikan HP yang layarnya tidak bisa disentuh? Nah, Anda bisa mencoba mematikan HP dengan cara menekan dan tahan tombol power pada smartphone Anda sampai ponsel mati.

Baca Juga : Cara Mengatur Jam Pada Laptop Ketika Jam Otomatis Lagi Error!

2. Aktifkan Safe Mode di HP

Untuk mengatasi masalah layar HP yang tidak bisa disentuh juga bisa Anda lakukan dengan cara mengaktifkan safe mode. Anda dapat menjalankan HP tanpa aplikasi yang berbahaya.

Pada saat layar HP Anda dapat normal fungsinya pada saat menggunakan safe mode, maka bisa jadi permasalahannya terdapat pada aplikasi yang Anda unduh.

Maka dari itu, cobalah mengaktifkan safe mode di HP dengan menekan tombol power beberapa detik. Setelah itu, pilih mode darurat atau mode aman.

Berbagai macam penyebab layar HP tidak bisa disentuh bisa Anda coba atasi dengan cara ini.

Post a Comment for "Kenali Penyebab Layar HP Tidak Bisa Disentuh dan Cara mengatasinya!"

RajaBackLink.com