Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam Tapi Hidup, Ini Solusinya!

Salah satu permasalahan laptop yang sering mengganggu yaitu laptop blank tapi hidup. Maka dari itu, Anda harus tahu bagaimana cara mengatasi laptop blank hitam tapi hidup. Sehingga, Anda bisa kembali menggunakan laptop dengan nyaman.

Laptop merupakan salah satu perlengkapan elektronik yang bermanfaat untuk menunjang berbagai macam aktivitas. Mulai dari aktivitas belajar, bisnis online, atau pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah.

Ketahui Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam Tapi Hidup!

Pada umumnya, laptop dengan layar laptop hitam tapi nyala ini terjadi karena ada berbagai macam permasalahan. Diantaranya mulai kerusakan layar LCD, driver grafis, atau kabel fleksibel.

Atau bisa disebabkan oleh masalah lain, seperti baterai yang sudah rusak atau sistem operasi Windows. Nah, jika laptop Anda memiliki permasalahan seperti laptop hidup tapi blank hitam, maka coba terapkan cara berikut ini;

Artikel terakait: Beberapa aplikasi laptop yang berguna untuk di Install.

Bersihkan Komponen Fisik laptop

Kebersihan komponen laptop merupakan salah satu hal yang penting untuk Anda perhatikan agar kinerja perangkat Anda tetap optimal. Hal ini juga bisa Anda lakukan untuk mengatasi laptop blank hitam tapi hidup.

Cobalah untuk membersihkan debu atau kotoran yang menempel pada komponen menggunakan kuas kecil. Anda juga dapat membersihkannya menggunakan jasa service jika Anda tidak bisa melakukannya sendiri.

Bersihkan dengan hati-hati dan menyeluruh. Sesudah itu, laptop Anda bisa direstart dan siap untuk digunakan seperti biasa.

Periksa Layar LCD Laptop

Memeriksa layar LCD juga bisa Anda lakukan sebagai cara mengatasi komputer blank hitam tapi hidup.

Nah, pada saat laptop Anda blank tapi hidup, cobalah untuk memeriksa layar LCD laptop tersebut.  Jika mesin indikator tampak menyala, namun bagian layar yang ditampilkan blank hitam, bisa jadi terdapat kerusakan pada bagian LCD nya.

Cobalah mengeceknya dengan menghubungkan layar laptop Anda ke monitor eksternal lainnya, misalnya ke monitor TV atau monitor komputer.

Anda bisa coba menghubungkan dengan menggunakan kabel HDMI atau VGA. Apabila colokannya berbeda, cobalah pakai konverter yang sesuai dengan jenis kabel tersebut.

Jika saat dihubungkan ke monitor eksternal layarnya bisa terlihat secara normal, maka bisa dipastikan jika permasalahan ini berasal dari LCD laptop.

Maka dari itu, cara selanjutnya yang wajib Anda lakukan yaitu dengan mengganti LCD nya sesuai dengan tipe laptop Anda. Dengan begitu, laptop Anda bisa digunakan kembali.

Atur Ulang Resolusi Layar yang Digunakan

Terjadinya masalah layar blank pada laptop bisa disebabkan karena resolusi layar yang diterapkan lebih berat dibandingkan spesifikasi laptop tersebut.

Maka dari itu, cara mengatasi laptop blank hitam tapi hidup perlu dilakukan dengan cara mengaktifkan safe mode.

Agar Anda bisa melakukan safe mode dengan cepat, cobalah untuk merestart laptop. Setelah itu, klik tombol f8 atau f12 berulang-ulang.

Perlu Anda ketahui, jika tombol yang Anda gunakan untuk memasuki safe mode dalam setiap jenis laptop juga berbeda-beda. Maka dari itu, cobalah untuk menekan tombol antara f5 sampai dengan f12.

Pada saat Anda sudah mengatur resolusi layar, maka silahkan Anda melakukan restart kembali pada laptop Anda.

Baca Juga : Beginilah Cara Memperbaiki Mic Headset kamu Yang Rusak!

Install Ulang Windows

Cara mengatasi layar laptop hitam Windows 10 yaitu bisa Anda lakukan dengan cara melakukan install ulang pada Windows. Permasalahan seperti ini biasanya terjadi pada saat spesifikasi laptop Anda belum mendukung sistem operasi yang terinstal.

Jadi, Anda harus tahu seperti apa spesifikasi laptop Anda. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan spesifikasi laptop dengan sistem operasi Windows.

Sebagai contoh, pada saat Anda menggunakan Windows 10 versi terbaru, maka cobalah untuk menginstall ulang Windows 8.1. Sebab, cara mengatasi laptop blank hitam tapi hidup  bisa dilakukan dengan menerapkan penginstalan Windows ke versi yang lebih rendah.

2 comments for "Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam Tapi Hidup, Ini Solusinya!"

  1. Kebetulan punya saya merk Asus sama blank hitam, mau di coba semoga pulih kembali, mkasih atas tutornya mas

    ReplyDelete
  2. Silahkan coba saja. Biar berkah berbagi ilmu untuk sama lain.

    ReplyDelete
RajaBackLink.com