Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rekomendasi Obat Sakit Gigi Berlubang Paling Mujarab

 Rekomendasi Obat Sakit Gigi Berlubang Paling Mujarab

Menurut Kementerian Kesehatan (2013), sebanyak 25,9% penduduk Indonesia mempunyai masalah gigi dan mulut, salah satunya adalah gigi berlubang. Jumlah tersebut terjadi pada semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang lanjut usia.

Sakit gigi berlubang akan terasa sangat nyeri, menyebabkan kita tidak enak makan, tidur, atau mengganggu aktivitas kita. Karena, sakit gigi ini menyebabkan gusi dan pipi bengkak, bahkan demam. Dalam beberapa kasus gigi berlubang, bisa saja terjadi komplikasi, mulai dari infeksi gigi, abses gigi, hingga gigi yang tanggal.

Ada beberapa pilihan obat sakit gigi berlubang yang bisa kita gunakan untuk meredakan nyeri, antara lain asam mefenamat, ibuprofen, dan parasetamol. Bisa juga dengan penanganan dokter gigi seperti tambal gigi, cabut gigi, perawatan saluran akar, dan sebagainya.

Obat Sakit Gigi Berlubang dan Ngilu

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi obat sakit berlubang dan ngilu yang bisa kita temukan di apotik terdekat.

Ponstan

Pertama, adalah ponstan. Obat ini dapat mengobati rasa sakit, mulai dari sakit gigi, cedera otot bahkan rasa sakit setelah melahirkan. Kandungan asam mefenamat di dalamnya akan bekerja untuk meredakan sakit dan peradangan yang terjadi pada pengidap. 

Super Green Plus SG

Kita pasti sudah tidak asing dengan nama obat sakit gigi berlubang Super Green Plus SG ini. Obat ini diyakini mampu menyembuhkan rasa nyeri di sekitar gigi, gigi yang berlubang, akar gigi sensitif, dan juga sakit gusi.

Super Green Plus SG memiliki kandungan bahan herbal seperti kemuning, nigella sativa (habbatussauda), vitamin serta berbagai macam mineral lainnya.

Dentasol

Dentasol memiliki kandungan zat anestesi topikal dengan antiseptik yang dapat langsung kita aplikasikan pada gigi yang sakit. Zat tersebutlah yang dapat mengurangi rasa nyeri akibat sakit gigi serta mampu mengobati infeksi jamur dan bakteri.

Obat Sakit Gigi Berlubang Tradisional

Setelah mengetahui obat sakit gigi yang ada di apotik, kali ini kita akan membahas tentang obat sakit gigi berlubang tradisional. Apa saja, ya?

Garam

Garam menjadi rekomendasi teratas sebagai obat tradisional untuk mengatasi sakit gigi yang berlubang. Sebab, garam memiliki kandungan antiseptik dan antibakteri.

Gunakan air garam untuk berkumur agar mengurangi peradangan dan nyeri, mengatasi infeksi, serta mencegah perkembangan bakteri di dalam mulut.

Licorice (Akar Manis)

Licorice memiliki kandungan senyawa licoricidn dan licorisoflavan A yang merupakan antibakteri. Zat ini akan membantu untuk mencegah pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang.

Akar manis ini juga dapat mengurangi plak pada gigi. Kita bisa menggunakan bubuknya atau langsung menggunakan batangnya sebagai sikat gigi.

Kunyit

Kandungan vitamin C dalam kunyit bersifat antibakteri dan antiperadangan. Manfaat yang kita peroleh dengan mengonsumsi kunyit adalah kesehatan gusi dan mencegah gigi berlubang dari infeksi bakteri.

Cukup campurkan ½ bubuk kunyit dengan sedikit minyak mustard, kemudian oleskan sambil memijat gigi dan gusi. Biarkan selama 10 menit, lalu ludahkan campuran tersebut.

Baca Juga : Inilah alasan perut kalian menjadi buncit! 

Obat Sakit Gigi Berlubang Untuk Anak

Paracetamol

Yang kita tahu, paracetamol digunakan sebagai obat penurun panas. Tetapi ternyata, obat ini juga memiliki kemampuan untuk meredakan rasa sakit yang cocok menjadi obat sakit gigi berlubang yang anak rasakan.

Ibu Profen

Ibu profen dapat menjadi pilihan obat sakit gigi berlubang untuk anak. Sebab, obat satu ini mempunyai efek antiinflamasi yang dapat mengatasi peradangan pada gusi bengkak. 

Kompres Es

Selain obat, kita bisa menggunakan cara tradisional dengan mengkompresnya dengan es. Tempelkan es yang sudah dibalut dengan kain di pipi anak. Sensasi dingin tersebut akan meredakan nyeri pada gigi.


Post a Comment for " Rekomendasi Obat Sakit Gigi Berlubang Paling Mujarab"

RajaBackLink.com