Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beberapa Faktor yang Menyebabkan Sakit Gigi

Beberapa Faktor yang Menyebabkan Sakit Gigi

Sakit gigi bisa terjadi pada siapa saja, entah itu anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa sekalipun. Kondisi tersebut terjadi karena munculnya rasa nyeri pada sekitar gigi dan rahang, yang memiliki tingkat keparahan berbeda-beda.

Biasanya, nyeri saat sakit gigi akan terasa ketika orang tersebut mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas atau dingin. Juga sering terjadi saat di malam hari. Penyebab utama sakit gigi pada sebagian besar anak-anak dan orang dewasa ialah kerusakan gigi.

Bakteri di mulut kita hidup dan bertumbuh dari gula atau sari dalam makanan yang kita konsumsi. Kemudian, bakteri ini akan membentuk plak lengket yang menempel di permukaan gigi. Bakteri dalam plak akan memproduksi asam yang dapat mengikis lapisan putih keras di bagian luar gigi atau biasa disebut enamel dan akan menciptakan rongga pada gigi.

Sakit Gigi Berlubang

Gigi berlubang menjadi salah satu tanda gigi yang tidak sehat dan juga dapat memicu rasa sakit pada gigi. Penyebab umum sakit gigi karena berlubang adalah adanya plak, yakni zat lengket di mulut yang sebagian besar tercipta karena terjadi penumpukan kuman atau bakteri yang mengubah makanan menjadi asam.

Asam yang terdapat plak ini yang dapat merusak enamel pelindung gigi sehingga membuat gigi menjadi berlubang. Jika kita biarkan saja, plak gigi yang menumpuk itu akan menjadi karang gigi yang dapat mengganggu struktur dan kesehatan gigi. Selain itu, sakit gigi karena berlubang dapat kita rasakan usai mengonsumsi makanan atau minuman yang panas atau dingin.

Beberapa penanganan yang dokter lakukan untuk mengatasi rasa sakit gigi berlubang, di antaranya memberikan fluoride, membuat crown gigi, menjalani cabut gigi, dan sebagainya.

Sakit Gigi Gusi Bengkak

Masalah yang terjadi pada gusi digolongkan dalam dua hal, yaitu gingivitis dan periodontitis. Gingivitis sendiri merupakan masalah pada gusi yang berada pada tingkatan ringan, sedangkan periodontitis adalah penyakit pada gusi yang telah memasuki tingkatan yang lebih parah. 

Biasanya, masalah ini disertadi dengan kerusakan tulang di bawahnya. Salah satu masalah yang sering kita alami pada gusi ialah gusi bengkak. Masih banyak orang yang sering mengabaikan masalah ini, padahal jika dibiarkan dapat menyebabkan masalah lain pada gusi dan dapat menjalar hingga ke gigi yang menjadi masalah sakit gigi gusi bengkak, bahkan dapat menjalar ke mulut juga.

Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko gusi bengkak ialah sebagai berikut.

Tidak sikat gigi sehingga terjadi penumpukan plak pada gigi

Kebiasaan merokok

Kekurangan vitamin C

Dan lain-lain

Info Penting: Apakah demam memiliki manfaat dalam tunuh kita? Silahkan baca artikel ini!

Sakit Gigi Tak Kunjung Sembuh

Setiap orang pasti setuju apabila sakit gigi merupakan penyakit atau kondisi yang sangat menyiksa. Bahkan sampai mengganggu aktivitas sehari-hari akibat nyeri dan rasa tidak nyaman yang ditimbulkan. Namun, jika sakit gigi tak kunjung sembuh dan terjadi berulang, serta tidak ada kerusakan pada gigi bisa jadi rasa nyeri tersebut akibat trigeminal neuralgia.

Penderita trigeminal neuralgia cirinya merasakan rasa sakit yang luar biasa pada daerah gusi, gigi, dan sebagian wajah. Itulah yang membuat orang-orang yang kemungkinan memiliki penyakit tersebut menduga bahwa yang memicu rasa sakit gigi adalah gigi yang mungkin berlubang dan sebagainya, sehingga tidak keberatan saat dokter mencabut giginya.

Penyebab sebenarnya dari trigeminal neuralgia ialah akibat dari korslet persentuhan antara saraf trigeminal (saraf nomor 5) dengan pembuluh darah kecil. Gangguan psikis seperti rasa cemas, tegang dan lainnya akan semakin memperparah keadaan tersebut.

Penanganan yang tepat untuk penyakit tersebut adalah dengan memisahkan pembuluh darah dan saraf yang lengket melalui cara pembedahan. Tindakan operasi ini tergolong singkat, sekitar 1,5 hingga 2 jam.

Post a Comment for "Beberapa Faktor yang Menyebabkan Sakit Gigi"

RajaBackLink.com