Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berikut Ini Tipe Koneksi Internet yang Membantu Teknologi Berkembang

Saya akan membagikan artikel tentang macam-macam koneksi internet yang sering banget kita gunakan, sambil bagaimana kita menyimak artikel ini dengan penuh kesabaran dan keikhlasan. Tentu artikel kali ini sangat spesial untuk kamu yang membacanya, artikel ini sangat bermanfaat dan berfaedah bagi para pembaca. Tanpa perlu basa basi lagi saya akan menjelaskan jenis-jenis koneksi internet, silahkan kita lihat saja.

Berikut Ini Tipe Koneksi Internet yang Membantu Teknologi Berkembang

1. Jaringan TV Kabel

Jaringan TV Kabel adalah memanfaatkan siaran TV kabel untuk mengakses internet dengan menggunakan modem kabel. Kelebihan mengakses internet menggunakan TV kabel yaitu kita dapat mengakses internet dengan lebih cepat dibangdingkan dengan saluran telepon,tetapi jaringan TV kabel hanya tersedia di kota-kota besar saja dan masih terbatas dalam penggunaannya.


2. GPRS

Kita bisa menggunakan jaringan GSM, CDMA yang merupakan bagian dari teknologi 3G, dan LTE yang sering disebut 4G. Untuk 5G sudah siap untuk dirilis ke Indonesia


3. Leased Line

Pada umumnya leased line digunakan ketika terdapat kebutuhan komukasi data jarak jauh yang harus 24 jam atau terus menurus (unlimited). Koneksi ini dilakukan dengan menggunakan saluran kabel. Keuntungan dalam menggunakan dengan koneksi leased line adalah kecepatan yang diterima pengguna 100% murni, seperti yang diberikan ISP dan tidak memiliki pengaruh pada beban atau trafik dari ISP tersebut. Tetapi kelemahan leased line terletak dari biaya instalasi dan harga bulanan relatif sangat mahal. Beberapa contoh penggunaan koneksi internet dengan leased line adalah Telkom dan Astinet.


4. Wireless Line

Pada zaman ini teknologi wireless berkembang sangat pesat, dapat dilihat dengan semakin banyaknya pemakaian WiFi di kampus, rumah sakit, kantor, dan tempat santai. Biasanya teknologi wireless sering kita gunakan hanya untuk mengakses internet saja.

Kecepatan Frekuensi WiFi berada pada 2,5 GHz.Jika kita menggunakan WiFi maka akses kecepatan internet adalah 10 Mbps atau lima kali lebih cepat dari akses internet menggunakan CDMA (3G). Supaya komputer dapat terhubung dengan WiFi maka komputer tersebut harus dilengkapi dengan teknologi WiFi card atau bisa juga perangkat lunak yang mendukung WiFi. Tempat dimana tersedia sinyal WiFi sering kita sebut dengan istilah hostpot.


5. ADSL

ADSL memiliki kecepatan koneksi cepat karena menggunakan jalur pita yang lebar. Teknologi ADSL memberikan kecepatan tranfer data yang berbeda antara proses penerimaan data (download) dan pengiriman data (upload), supaya meningkatkan keduanya maka harus digunakan Asymmetric untuk koneksi ADSL yang mampu mengirimkan data yang besar yaitu sekitar 1,5 Mbps sampai dengan 7 Mbps untuk menggunakan downstream dari sentral ke pelanggan dan 15 Mbps sampai 650 Kbps untuk upstream dari pelanggan ke sentral.


6. Dial-Up

Dial-up adalah akses internet dengan menggunakan jalur telepon rumah atau handphone. Keuntunagan menggunakan dari dial-up adalah ftrekuensi pemakaian dari pengguna. Sedangkan kelemahan dari penggunaan koneksi dial-up adalah kecapatan akses yang tidak murni 100%, Pada umumnya hanya 56kbps dari internet service provider (ISP). Sehingga pengguna hanya dapat mengakses 30kbps sampai 50kbps,tergantung dari trafik jaringan yang mengakss ke ISP. Contoh koneksi dengan dial-up menggunakan koneksi dari Telkomnet Instan belum registrasi, Idola tanpa registrasi, Indosat dengan registrasi, dan lain-lain.


7. Satelit

VSAT memiliki fungsi utama yaitu menerima dan mengirim data ke satelit. Satelit berguna sebagai penerus sinyal untuk dikirimkan ke titik lainnya dari atas bumi. Letak piringan VSAT tersebut menghadap ke sebuah satelit geostasioner, mengikuti perputaran bumi pada sumbunya.

Kelebihan VSAT:

  1. Jangkauan terjauh dapat mencapai setengan dari permukaan bumi.
  2. Pemasangannya cepat.

Kelemahan VSAT:

  1. Latency yang lebih tinggi dibangkan dengan kabel.
  2. Koneksinya sering mengalami gangguan cuaca seperti hujan.
  3. Terlalu luas membutuhkan tempat, apalagi untuk piringannya.

Info Menarik : Cara Testing Jaringan Internet!

Waktunya saya akan mengakhiri artikel ini dengan kata-kata penutup, sehingga artikel kali ini penuh dengan berkah. Apabila ada penjelasan dari saya yang kurang paham silahkan tanyakan di komentar yang ada di bawah ini dan juga silahkan kunjungi artikel lainnya supaya menambah ilmu wawasan tentang teknologi. Akhir kata dari saya yang hanya saya ucapkan wassalam.

Post a Comment for "Berikut Ini Tipe Koneksi Internet yang Membantu Teknologi Berkembang"

RajaBackLink.com