Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah dan Perkembangan Jaringan 5G di Tanah Air

Pesatnya perkembangan zaman saat ini berimbas langsung terhadap dunia teknologi. Seperti halnya perkembangan jaringan 5G yang kini bisa kita nikmati bersama. Saat ini teknologi merupakan pilar utama dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Telekomunikasi merupakan sektor teknologi yang berdampak positif dari inovasi pelaku di dalamnya. Di Tanah Air sendiri perkembangan teknologi sangat memudahkan para penggunanya dalam melakukan aktivitas pekerjaan. Pasalnya segala sesuatu kini memang seolah bergantung terhadap teknologi.

Jika dulu semua orang hanya mengenal telepon umum saja, maka lain halnya dengan sekarang. Adanya perkembangan jaringan teknologi turut mempengaruhi munculnya berbagai alat teknologi yang semakin canggih. Bahkan alat teknologi tersebut kini seolah menjadi kebutuhan pokok yang harus ada.

Perkembangan Jaringan 5G Di Indonesia

Sumber Gambar : harnas.co

Jaringan 5G merupakan salah satu bukti tercapainya sebuah inovasi yang selama ini dilakukan. Pengembangan teknologi ini tak pernah berakhir seolah tidak merasa cukup dengan jaringan teknologi yang sudah ada saat ini. Meskipun teknologi 4G sangat memadai untuk saat ini, tak menjadikan semuanya hanya berdiam tanpa melakukan inovasi baru.

Sistem kerja dalam jaringan 5G ini tetap sama dengan jaringan yang sebelumnya. Pengiriman data juga melalui gelombang radio yang terbagi menjadi frekuensi dengan perbedaan masing-masing. Perbedaan ini sesuai dengan kebutuhan tipe komunikasi, seperti siaran televisi, sinyal navigasi maritim maupun mobile data.

Tentu saja adanya perkembangan teknologi jaringan 5G menjadikan segala aktivitas internet menjadi lebih cepat. Namun pada tahap awal, jaringan 5G ini hanya bisa menjangkau 2 hingga 3 provinsi saja. Lalu pada tahap selanjutnya akan menyasar di beberapa wilayah dan kota dengan permintaan yang tinggi terhadap penggunaan jaringan ini.

Jaringan 1G

Saat awal kemunculan teknologi jaringan ini, 1G masih memiliki banyak kekurangan. Kualitas suara yang tidak terlalu bagus dan tanpa dukungan roaming. Serta kurangnya keamanan karena tidak ada enkripsi, menjadikan siapapun yang memiliki pemindai radio bisa melakukan panggilan. Kecepatan mengunduh melalui jaringan ini cukup lambat, hanya mencapai 2,4 Kbps.

Jaringan 2G

Pada tahun 1990-an, dunia mulai memasuki perkembangan teknologi 2G. Teknologi ini mampu mengubah panggilan suara serta telepon menjadi sinyal digital. Perkembangan jaringan ini memungkinkan penggunanya bisa melakukan komunikasi melalui SMS dan juga MMS. Selanjutnya teknologi jaringan ini berkembang menjadi 2,5G (GPRS) dan 2,7G (EDGE) dengan kecepatan maksimal 473 Kbps.

Baca Juga! 3 Jenis Alat Penghubung Jaringan Internet.

Jaringan 3G

Teknologi jaringan 3G ini muncul pada tahun 2000-an menyambut milenium baru. Pada saat itu internet masih berdasarkan terhadap teks dan juga gambar diam. Fokus jaringan 3G yaitu pada standarisasi protokol jaringan vendor. Sebelum adanya jaringan 5G seperti saat ini, perkembangan 3G menjadi era kelahiran ponsel-ponsel canggih. Pada saat itu lahir ponsel revolusioner yaitu Apple dan BlackBerry.

Jaringan 4G

Usai munculnya teknologi 3G, pada 10 tahun selanjutnya hadir perkembangan jaringan 4G. Jaringan ini hadir dengan membawa perluasan kapasitas jaringan yang memungkinkan kecepatan dalam berinternet maupun broadband. Teknologi jaringan 4G menyediakan akses web seluler berkecepatan tinggi, game online, video HD dan streaming dengan kecepatan minimal 12,5 Mbps.

Jaringan 5G

Dalam perkembangan jaringan 5G, Korea Selatan merupakan negara pertama yang menawarkan jaringan ini, yaitu Maret 2019. Beberapa ahli menjelaskan 5G memiliki kecepatan hingga 10 Gbps dalam ponsel. Jika kita hitung, itu lebih cepat 600 kali dari jaringan 4G saat ini.

Perkembangan jaringan 5G tak hanya itu saja, teknologi ini memiliki latensi rendah serta kemampuan menghubungkan perangkat lebih banyak sekaligus. Bahkan 5G memberikan opsi lebih banyak daripada 4G terhadap operator dalam penggunaan spectrum. Untuk info lebih lanjutnya silahkan kunjungi karyakancil.com agar kalian tidak ketinggalan info tentang pembaharuan teknologi. Terimakasih!

Post a Comment for "Sejarah dan Perkembangan Jaringan 5G di Tanah Air"

RajaBackLink.com