Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membersihkan Kamera HP yang Berembun Bisa Kembali Jernih

Mengambil gambar atau video saat ini bisa kita lakukan secara mudah dengan menggunakan smartphone yang mendukung kamera mumpuni. Karena itu menjaga kebersihan smartphone, terlebih lagi di bagian lensa kamera bisa membantu kamu untuk terus mendapatkan foto dan video berkualitas. Ada banyak cara membersihkan kamera HP yang bisa kamu coba. Saat membersihkan kamera kamu harus tetap berhati-hati.

Cara Membersihkan Kamera HP yang Berembun Bisa Kembali Jernih

Kamu bisa membersihkan kamera memang perlu karena lensa kamera HP sangat mudah kotor. Kamu bisa menggunakan semprotan angin kalengan, menggunakan kain microfiber, atau membuka lensa kamera ke teknisi HP resmi.

Mungkin kamu pernah membersihkan kamera depan menggunakan tisu, padahal cara ini tidak disarankan karena bisa menggores layar. Karena itu berikut ini beberapa penyebab, cara membersihkan, dan tips menjaga lensa kamera supaya tetap jernih.

Penyebab Kamera HP Berembun

Penyebab lensa kamera HP yang berembun biasanya disebabkan oleh handphone terkena air hujan atau kehujanan. Bisa juga terjadi bila handphone kamu letakkan di saku celana saat hujan. Selain itu bisa juga karena HP terciprat air atau jatuh ke dalam bak mandi. Bisa saja masuk karena HP pernah tersiram air atau body HP tidak rapat. Namun, kamu tidak perlu khawatir dan panik karena terdapat berbagai cara untuk membersihkan dan menghilangkan embun di kamera depan maupun belakang.

Cara Bersihkan Kamera HP yang Berembun

Dengan sejumlah cara berikut ini kamu bisa menemukan solusi untuk permasalahan kamera buram supaya menjadi jernih kembali.

Merendam HP dengan Beras

Karena beras punya sifat yang bisa menyerap, kamu bisa memanfaatkan beras untuk membantu membersihkan embun atau kotoran lainnya. Bahkan cara ini bisa lebih mudah dibandingkan dengan cara lainnya. Anda hanya perlu menyiapkan wadah berisi beras, memasukkan HP ke dalam wadah beras tersebut, dan menutup wadah berisi beras dan HP.

Menggunakan Silica Gel

Cara membersihkan kamera HP yang berembun selanjutnya adalah dengan memanfaatkan silica gel. Fungsi dari silica gel adalah menjaga barang di sekitarnya tetap kering atau supaya tidak lembab. Berdasarkan fungsi tersebut, kamu dapat memanfaatkannya untuk menghilangkan embun yang terdapat pada kamera ponsel. Caranya hampir sama dengan menggunakan beras.

Cara Bersihkan Kamera Depan Tanpa Bongkar

Membongkar kamera depan maupun belakang bisa menimbulkan risiko berbahaya untuk handphone itu sendiri. Terlebih lagi bila bukan professional yang mengerjakan hal tersebut. Kamu bisa mencoba menggunakan hair dryer atau kipas laptop.

Bila kamu tidak memiliki hair dryer, tidak perlu khawatir karena bisa menggunakan kipas laptop. Beberapa kipas memang memiliki suhu yang cukup hangat seperti hair dryer yang bisa menghilangkan embun tersebut. Caranya dengan meletakkan HP yang berembun di depan kipas laptop. Diamkan hingga embun hilang dari lensa. Memang, risiko menggunakan cara ini adalah kipas laptop yang menghembuskan kotoran dan debu dari mesin laptop.

Tips Merawat Kamera HP

Setelah mengetahui cara membersihkan kamera HP berembun maupun terkena kotoran, selanjutnya kamu perlu tahu cara merawat kamera HP supaya bisa bertahan lama, diantaranya:

    ·   Hindari membersihkan kamera HP menggunakan jari yang bisa mengakibatkan lensa kamera lebih          buram bahkan bisa lecet.

    ·    Bisa menghilangkan embun pada lensa kamera menggunakan hair dryer atau pengering rambut.

    ·   Hindari kamera jangan sampai terkena air atau kotoran lainnya. Kamera yang dibiarkan berembun bisa membuat risiko munculnya jamur pada sekitar lensa karena gelap.

Demikianlah ulasan mengenai cara membersihkan kamera HP saat berembun dan tips menjaga supaya kamera HP lebih awet. Semoga membantu

Post a Comment for "Cara Membersihkan Kamera HP yang Berembun Bisa Kembali Jernih"

RajaBackLink.com