Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Screenshot di Laptop Windows dengan Aplikasi dan Keyboard

Cara screenshot di laptop bisa sangat mudah untuk Anda lakukan. Screenshot merupakan suatu gambar yang diambil oleh laptop guna merekam tampilan yang terlihat di layar visual. Sehingga banyak cara yang bisa Anda lakukan.

Untuk caranya sendiri bisa melalui aplikasi tambahan yang perlu Anda pasang di laptop terlebih dahulu atau dapat juga memakai kombinasi tombol keyboard tanpa harus menggunakan aplikasi lagi.

Namun, sebagian orang ada yang belum mengerti cara tersebut. Padahal adanya kemungkinan Anda akan membutuhkan screenshot dari layar laptop guna merekam kegiatan di layar tersebut. Misalnya saja cara screenshot di laptop Lenovo. Untuk tahu bagaimana caranya. Yuk simak ulasan berikut ini.

Cara Screenshot di Laptop dengan Mudah

Cara screenshot di laptop memang berbeda dengan cara screenshot di ponsel pintar Anda. Jika cara screenshot di ponsel terkesan lebih praktis dan caranya pun cukup menggeser layar dengan menggunakan tiga jari.

Pasalnya terdapat beberapa cara guna melakukan screenshot di laptop dengan menggunakan sistem operasi Windows. Semuanya tergantung dengan kebutuhan Anda. Terdapat dua cara untuk melakukan screenshot di laptop dengan sistem operasi Windows. Pertama dengan mengunduh aplikasi serta kombinasi keyboard.

Pada umumnya, sebagian besar orang mengetahui cara melakukan screenshot d laptop dengan menggunakan tombol PrintScreen yang berada pada keyboard. Terdapat pula yang memakai beberapa aplikasi. Bagi yang masih kebingungan caranya, Anda bisa simak penjelasannya.

Menggunakan Aplikasi

Bagi Anda sebagai pengguna Windows dapat memakai aplikasi yang secara khusus. Biasanya aplikasi tersebut disebut dengan Snipping Tool guna menangkap tampilan pada layar. Adapun aplikasi lainnya yang menjadi pihak ketiga untuk melakukan screenshot. Antara lainnya seperti Photoscape, ShareX, serta GreenShot dan lain sebagainya.

Aplikasi tersebut bisa melakukan screenshot serta menyimpannya menjadi file gambar tanpa menempelkannya pada program lain terlebih dahulu. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Pertama buka Start Menu yang berada di laptop serta carilah aplikasi Snipping Tool.

2. Kemudian, aplikasi akan terbuka dengan pilihan menu New, Mode, Delay, Cancel, serta Option.

3. Untuk menu New dapat dipakai guna mengambil tangkapan layar laptop dalam bentuk yang standar.

4. Sementara menu Mode dapat dipakai untuk memilih jenis bentuk tangkapan layar yang Anda inginkan.

5. Adanya pilihan yang tersedia guna mengambil tangkapan layar secara penuh, persegi panjang, menangkap tampilan jendela yang telah terbuka, sampai dengan bentuk bebas yang bisa Anda kendalikan memakai kursor.

6. Menu Cancel bisa membatalkan proses screenshot.

7. Terakhir menu Delay dapat Anda gunakan untuk mengatur timer guna melakukan screenshot.

Menggunakan Kombinasi Keyboard

Cara screenshot di laptop selain menggunakan aplikasi juga bisa menggunakan cara screenshot menggunakan tombol PrtSc.

Tombol tersebut adalah singkatan dari print screen, yang berada ada keyboard laptop. Untuk langkahnya, simak berikut ini.

Pertama, tekan tombol PrtSc guna melakukan screenshot dari layar laptop secara keseluruhan. Program tersebut telah secara otomatis melakukan penyimpanan tangkapan layar tanpa menampilkan apapun itu.

Untuk hasil dari screenshot bisa Anda lihat dengan melakukan perintah paste pada Microsoft Paint, Microsoft Word, maupun program yang lainnya yang bisa untuk menampilkan gambar.

Pada sebagian laptop, tombol tersebut memerlukan bantuan dari tombol Fn atau Function yang berada di keyboard.

Tekan Fn+PrtSc secara bersamaan untuk melakukan screenshot serta kemudian paste pada aplikasi yang dapat menampilkan gambar.

Itulah cara screenshot di laptop Windows dengan mudah dan cepat. Anda bisa memilih cara yang mudah serta tidak ribet untuk Anda lakukan.

Post a Comment for "Cara Screenshot di Laptop Windows dengan Aplikasi dan Keyboard"

RajaBackLink.com