Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Flowchart Dan Penjelasannya

Flowchart memiliki peran penting membuat dan memahami sebuah sistem. Adapun contoh flowchart dan penjelasannya bisa anda dapatkan di halaman ini.

Sebenarnya flowchart ada dalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh sederhana yaitu membaca instruksi yang ditempel di papan pengumuman untuk mengikuti sebuah tahapan suatu kegiatan.

Setiap jenis flowchart memiliki karakteristik simbol masing-masing dan setiap simbol memiliki makna yang berbeda. 

Contoh Flowchart Dan Penjelasannya

Penjelasannya mengenai flowchart adalah sebuah proses yang terdiri dari simbol grafis untuk menjelaskan tujuan agar lebih jelas, rapi dan sederhana.

Berikut adalah contoh flowchart beserta penjelasan yang perlu Anda ketahui secara garis besar :

Contoh Flowchart Pertama dengan Sistem Beserta Penjelasannya

Contoh flowchart pertama yaitu dengan system flowchart yang mana bagan tersebut menunjukkan sistem atau alur kerja. Di flowchart ini bisa kita lihat setiap hal-hal yang sedang dilakukan oleh sistem secara menyeluruh beserta penjelasan prosedur di dalamnya.

Secara sederhana sistem flowchart ini mendeskripsikan secara grafis setiap urutan prosedur di setiap bagan secara singkat.

Adapun contoh flowchart ini yaitu kalkulator, mesin ketik dan sebagainya. Biasanya untuk sistem flowchart ini ada di sebuah organisasi, perusahaan, pabrik pemerintahan dan lembaga.

Baca Juga! Apa saja Aplikasi Laptop/PC yang Berguna dalam Membantu Kita Ketika Ada Pekerjaan Modern ?

Sebagai contoh dan penjelasannya bisa Anda lihat seperti di gambar beserta penjelasannya DISINI.

Flowchart Dokumen (Bagan untuk Dokumen)

Flowchart dokumen ini bisa disebut sebagai bagan untuk dokumen (form flowchart) atau flowchart paperwork. Fungsi dari contoh flowchart dokumen ini untuk menelusuri sebuah alur dengan laporan yang berasal dari suatu bagian ke bagian lainnya. Baik mulai dari alur form, pemrosesan laporan, pencatatan pelaporan dan penyimpanan laporan.

Flowchart ini memberitahukan terkait laporan organisasi atau perusahaan terkait dokumen dan tabel. Agar lebih jelasnya untuk contoh flowchart beserta penjelasannya silakan lihat gambar di bawah ini.

https://repository.dinus.ac.id/docs/ajar/file_2013-10-21_09:36:54_Lalang_Erawan,_M.Kom__FLOWCHART.pdfhttps://repository.dinus.ac.id/docs/ajar/file_2013-10-21_09:36:54_Lalang_Erawan,_M.Kom__FLOWCHART.pdf

Flowchart Skematik

Contoh flowchart selanjutnya yaitu schematic flowchart atau bagan secara skema. Contoh flowchart skematik ini hampir sama dengan voucher system karena memiliki kesamaan dalam menggambarkan sistem untuk menunjukkan prosedur.

Perbedaannya untuk flowchart skematik yaitu simbol-simbol flowchart lebih kompleks seperti peripheral, gambar yang saling berkaitan atau alat lain dalam menunjukkan sistem.

Penggunaan gambar dalam flowchart ini sebagai pengganti simbol-simbol yang bertujuan untuk mengurangi waktu dalam mempelajari sebuah sistem dengan simbol abstrak.

Adapun contoh berupa gambarnya untuk flowchart skematik ini bisa anda lihat di bawah ini yang bersumber dari repository.dinus.ac.id.

https://repository.dinus.ac.id/docs/ajar/file_2013-10-21_09:36:54_Lalang_Erawan,_M.Kom__FLOWCHART.pdf.

Flowchart Program

Untuk contoh flowchart beserta penjelasannya kali ini yaitu untuk flowchart program yang mana sangat identik dengan pembuatan aplikasi atau program.

Flowchart program ini biasanya dijelaskan secara rinci oleh programmer agar bisa dengan mudah memahami setiap langkah dan prosedur dengan tepat. Flowchart unit bertujuan untuk mengilustrasikan setiap tahapan instruksi program komputer.

Adapun contoh flowchart program bisa Anda lihat seperti gambar berikut ini.

https://repository.dinus.ac.id/docs/ajar/file_2013-10-21_09:36:54_Lalang_Erawan,_M.Kom__FLOWCHART.pdf.

Contoh Terakhir dengan Flowchart Proses dengan Penjelasannya

Contoh flowchart terakhir yaitu flowchart proses yang mana teknik penggambaran rekayasa industri dengan memecahkan serta menganalisis setiap langkah pada suatu prosedur atau sistem.


Penggunaan flowchart ini biasanya digunakan untuk perekayasaan industrial dalam mempelajari pengembangan proses. Flowchart proses ini memiliki simbol-simbol khusus seperti gambar di bawah ini yang bersumber dari repository.dinus.ac.id.


Dalam membuat flowchart sesuaikan kebutuhan agar orang lain bisa dengan mudah memahami secara keseluruhan dengan singkat dari bagan yang anda buat. 

Post a Comment for "Contoh Flowchart Dan Penjelasannya"

RajaBackLink.com