Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menjelaskan Lebih Singkat Tapi Rinci tentang Kesehatan Mental Dari Manusia

Pentingnya Kesehatan Mental

Sekarang ini, banyak orang yang membicarakan tentang kesehatan mental atau lebih terkenal dengan sebutan mental health. Akan tetapi, ada juga orang yang belum mengetahui definisi sebenarnya hingga memicu pengertian-pengertian yang berbeda dan asal-asalan. 

Kesehatan mental adalah kondisi ketika batin dan watak manusia dalam keadaan normal dan tenang, sehingga dapat menjalankan serta menikmati kegiatan atau aktivitas sehari-hari. Centers for Disease Control and Prevention (CDC), menyebutkan bahwa kesehatan mental mencakup kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosial manusia.

Orang yang mempunyai kesehatan mental yang baik dapat berpikir, merasa, bertindak, menghadapi stres, berhubungan dengan orang lain, serta membuat keputusan yang tepat. Sebaliknya, orang dengan kondisi mental yang tidak sehat atau buruk akan sulit untuk mengendalikan emosi, stres, tidak dapat berpikir jernih dan membuat keputusan yang tidak tepat.

Terlebih lagi, orang dengan mental yang buruk cenderung menarik diri dari kehidupan sosialnya karena tidak memiliki hubungan yang baik dengan orang lain di sekitarnya. Meski begitu, CDC menegaskan bahwa kesehatan mental yang buruk tidaklah sama dengan gangguan mental (mental illness).

Pengertian Kesehatan Masyarakat

Kita mungkin merasa sedikit asing dengan istilah kesehatan masyarakat. Pengertian dari kesehatan masyarakat sendiri ialah sebagai ilmu dan seni memelihara, melindungi, dan meningkatkan kesehatan masyarakat. Upaya tersebut dilakukan melalui usaha-usaha masyarakat dalam pengadaan pelayanan kesehatan, pencegahan dan pemberantasan penyakit. 

Kesehatan masyarakat mencakup seluruh kegiatan baik secara langsung ataupun tidak langsung yang bertujuan untuk mencegah penyakit (preventif), meningkatkan kesehatan (promotif), terapi (kuratif), maupun pemulihan (rehabilitatif). 

Dalam upaya mencapai kesehatan masyarakat, pemerintah pusat, pemerintah daerah dan juga masyarakat sendiri melakukan tindakan dengan membuat fasilitas pelayanan kesehatan. Contohnya seperti rumah sakit, puskesmas, dan klinik. Fasilitas tersebut tidak hanya untuk berobat penyakit fisik, melainkan juga sebagai tempat konsultasi orang-orang yang memiliki gangguan kesehatan mental.

Definisi Kesehatan

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, definisi dari kesehatan adalah sebagai suatu keadaan fisik, mental, dan sosial kesejahteraan, bukan hanya tidak adanya penyakit atau kelemahan. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1992, kesehatan merupakan keadaan normal dan sejahtera anggota tubuh, sosial dan jiwa pada seseorang untuk dapat melakukan aktivitas sehari-hari. 

Tidak ada gangguan berarti di mana ada kesinambungan antara kesehatan fisik, mental, dan sosial seseorang termasuk dalam berinteraksi dengan lingkungannya. 

Seiring berjalannya waktu, pemahaman tentang kesehatan pun ikut bergeser. Berkembangnya teknologi kesehatan berbasis digital telah membuat setiap orang memungkinkan untuk mempelajari dan menilai diri mereka sendiri serta berperan aktif dalam gerakan promosi kesehatan. 

Beberapa faktor sosial turut memberi pengaruh terhadap kondisi kesehatan, seperti perilaku individu, kondisi sosial, genetik, perawatan kesehatan dan lingkungan fisik. Pada dasarnya, kesehatan meliputi 4 aspek yang di antaranya adalah kesehatan fisik, kesehatan mental, kesehatan sosial, dan kesehatan yang dilihat dari aspek ekonomi.

Kesehatan Lingkungan

Kesehatan lingkungan merupakan salah satu cabang ilmu dari kesehatan masyarakat yang mencakup segala aspel alam dan lingkungan yang mempunyai pengaruh terhadap kesehatan manusia. Kesehatan lingkungan ini fokus pada alam dan penciptaan lingkungan yang dapat memberikan keuntungan kepada manusia, seperti untuk menjaga kesehatan mental misalnya.

Sub disiplin dari ilmu ini di antaranya ilmu lingkungan, kesehatan dan keselamatan kerja, toksikologi dan epidemiologi. Menurut WHO, kesehatan lingkungan merupakan keseimbangan ekologi yang harus tercipta di antara manusia dan lingkungannya agar dapat menjamin kondisi sehat dari manusia.

Baca Juga : Cara Tepat Merawat Mata Agar Sehat Selalu!

Tak banyak orang menyadari bahwa kesehatan lingkungan merupakan faktor penting bagi kehidupan sosial dan bermasyarakat, bahkan merupakan unsur penentu atau determinan dalam kesejahteraan penduduk. Lingkungan yang sehat bukan hanya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, tetapi juga untuk kenyamanan hidup manusia dan meningkatkan efisiensi bekerja dan belajar.

Post a Comment for "Menjelaskan Lebih Singkat Tapi Rinci tentang Kesehatan Mental Dari Manusia"

RajaBackLink.com