Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 TIPS DAN CARA MENJAGA JANTUNG AGAR TETAP SEHAT

 Cara menjaga jantung

Assalamualaikum Wr. Wb.
Jumpa lagi dengan saya Karyakancil yang selalu update mengenai pengetahuan tentang teknologi dan ilmu pengetahuan lainnya. Kali ini kita akan membahas tentang penyakit serangan jantung

4 TIPS DAN CARA MENJAGA JANTUNG AGAR TETAP SEHAT

Jantung

Seperti yang kita tahu Jantung manusia ini merupakan salah satu organ vital yang paling penting, Jantung juga bekerja tanpa henti siang dan malam. Asal kalian tahu jantung manusia ini tugasnya sangat penting yang dimana dia bisa memompa darah ke seluruh tubuh kita untuk kelangsungan hidup agar lebih stabil. Oleh karena itu juga sudah sepantasnya lah kita menjaga kesehatan jantung kita dengan baik dan benar, Jantung sangat wajib sekali dipelihara setiap saat agar supaya terhindar dari berbagai macam penyakit yang dapat merusaknya (jantung) itu sendiri.

Dalam menjaga kesehatan jantung kita dapat melakukannya dengan beberapa langkah sederhana ini, seperti menjalani gaya hidup yang sehat dan pola makan yang juga pastinya sehat.

Pasti anda juga sudah sering mendengar dokter agar menganjurkan untuk rutin olahraga minimal seminggu sekali, untuk menjaga berat badan anda tetap ideal, dan tidak merokok.

Dan berikut ini ada beberapa tips untuk menjaga jantung anda agar tetap sehat:

1. Melakukan Aktivitas Fisik (olahraga) Minimal Seminggu Sekali

Badan anda aktif secara jasmani, anda juga harus rutin olahraga agar dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung. Mungkin anda adalah termasuk orang sibuk masalah kerjaan, nah disela sela hari libur anda, anda sempat kan untuk berolah raga 20 menit sampai 30 menit sudah lebih dari cukup, hari minggu adalah hari yang bagus untuk berolah raga jam 7 pagi sampai jam 10 pagi.

2. Hindari Kebiasaan Merokok

Semua orang juga sudah tau bahwa merokok itu tidak sehat, bahkan menghirup asap rokok saja dapat menimbulkan penyakit apalagi orang yang merokok.

Tidak hanya perokok sendiri, orang-orang di sekitarnya yang menghirup asap rokok pun juga lebih berisiko mengalami penyakit tersebut.

Dalam hal ini kandungan rokok terdapat zat berbahaya yang rawan merusak pembuluh darah pada jantung kita, sehingga lama kelamaan aliran darah pada jantung menjadi terganggu. Akibatnya fungsi jantung yang berteman dengan rokok, juga akan terganggu karena kekurangan oksigen dan nutrisi.

Pasti kalian berfikir begini, kenapa rokok dihentikan saja produksinya?

Karena rokok adalah pemasukan pajak terbesar untuk negara, bayangkan saja kalau masalnya rokok dihentikan penjualan nya, akan ada banayk orang pengangguran di Indonesia.

3. Beristirahat Yang Cukup

Usahakan anda untuk tidur selama 7-8 jam setiap hari. Kurangnya istirahat dapat meningkatkan resiko terkena penyakit darah tinggi, serangan jantung dan diabetes.

Tentunya kita sebagai manusia sangat diharuskan menjaga kesehatan jantung, dimulai dengan membiasakan gaya hidup sehat. Seperti makan makanan yang sehat yang mengandung vitamin B yang mengandung suplemen seperti asam folat. Selain itu, anda disarankan untuk mengurangi atau menghindari stres berlebihan, dan kamu juga harus memeriksakan kesehatan tubuh terutama pada bagian vital yaitu jantung secara rutin ke dokter supaya kesehatan kamu tetap terjaga dengan baik.

4. Hindari Menggunakan Obat-Obatan Terlarang

Mengkonsumsi obat-obatan terlarang bisa menjadi pemicu terjadinya serangan jantung di usia muda, dan perlu kalian tahu bahwa penyakit serangan jantung tidak hanya menyerang yang diusia tua saja, bahkan yang diusia mudapun bisa juga terkena serangan jantung ini, dan salah satu organ yang dapat terganggu akibat penyalahgunaan obat-obatan terlarang ini adalah organ jantung. Sebut saja narkoba , Di dalam narkoba terdapat zat yang dapat meningkatkan hormon katekolamin yang akan membuat jantung manusia bekerja menjadi lebih keras dari biasanya.

Akibatnya, tekanan darah yang terkena serangan jantung ini akan meningkat secara drastis secara mendadak. Dalam hal ini, akan menyebabkan otot dibagian jantung akan lebih banyak membutuhkan asupan oksigen. apabila asupan oksigen pada otot jantung tidak terpenuhi, akan munculnya penyakit yang kita sebut serangan jantung.

Itu saja pembahasan kali ini semoga kalian sukak kalau kalian merasa artikel ini bermanfaat silahkan share keteman teman kalian.

Post a Comment for "4 TIPS DAN CARA MENJAGA JANTUNG AGAR TETAP SEHAT"

RajaBackLink.com