Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

FUNGSI PENTING DARI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI UNTUK UMAT MANUSIA

Teknologi berkembang secara sistematis yang sering digunakan setiap saat. Akibat perkembangan teknologi yang makin tinggi dapat memberikan dampak perubahan dari pola piker manusia dan perubahan aktivitas. Apabila penemuan teknologi terbukti memberikan hasil yang sangat mengguntungkan bagi setiap individu itu sendiri. Akhir-akhir ini teknologi mempunyai peran yang besar, sehingga dengan mudah diterima oleh orang lain dalam waktu yang singkat. Semakin mudahnya akses informasi ini juga mengakibatkan perubahan social manusia dari seluruh dunia. Setiap hari kita mengakses perangkat teknologi yang berperan dalam keperluan kita. Hal ini membuat teknologi terus berkembang setiap waktu.

FUNGSI PENTING DARI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI UNTUK UMAT MANUSIA


1. Peranan penggunaan teknologi dalam pemerintahan

Dalam pemerintah teknologi digunakan sebagai media informasi. Kebijakan-kebijakan yang telah diterapkan oleh pemerintah dapat disebarkan menggunakan teknoogi, seperti TV, Email, SMS, Internet, dan lain-lain. Pemerintah Indonesia juga memiliki situs yang menyampaikan informasi, misalnya http://www.depkominfo.go.id yang merupakan situs resmi departemen komunikasi dan informasi dalam negara, http://www.setneg.go.id yang merupakan situs sektariat negara, http://www.indonesia.go.id yang merupakan portal nasional republik Indonesia, dan lain sebagainya.


2. Fungsi penggunaan teknologi dalam bisnis

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), khusunya internet sangat berguna dalam perdangangan dan bisnis. Bahkan sudah banyak situs-situs atau website took online yang selalu menjual barang melalui internet. Jenis barang yang jual sangat beragam, contohnya dari baju, aksesories, alat elektronik, perhiasan, dan lain-lain. Pembeli dan penjual dapat merasakan peran nyata dalam menggunakan teknologi, tanpa adanya internet maka perdagangan dan bisnis tidak akan mungkin berkembang hingga sejauh ini.


3. Manfaat menggunakan teknologi untuk pendidikan

Teknologi telah banyak berperan dalam bidang pendidikan, misalnya saja penggunaan media seperti komputer, layar LCD, dan progam computer yang interaktif pada kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Membuat para siswa menjadi lebih senang untuk belajar. Pengolahan dokumen catatan sekolah dengan menggunakan kompuer akan menjadi lebih rapi.
Pada tahun 2008, pemerintah membuat website resmi untuk Departemen Pendidikan Nasional yaitu http://bse.depdiknas.go.id yang membuat sebuah program yang disebut buku sekolah elektronik. Dengan progam ini, seluruh siswa di Indonesia bisa membaca buku di internet secara gratis tanpa harus memneli ataupun memili buku tersebut. Untuk buku tersebut sudah dinilai kelayakannya dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dan telah ditetapkan sebagai buku teks pelajaran yang memenuhi syarat layak untuk digunakan dalam belajar mengajar.


Post a Comment for "FUNGSI PENTING DARI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI UNTUK UMAT MANUSIA"

RajaBackLink.com