Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah 5 Teknologi Ramah Lingkungan Terbaik Patut Diketahui


Beberapa tahun belakangan ini ada banyak bukti yang menunjukkan kalau bumi semakin tergerus sedikit demi sedikit. Misalnya hutan yang terbangkar, terjadinya longsor sampai dengan gunung yang meletus. Inilah mengapa pentingnya untuk menggunakan peralatan teknologi yang ramah lingkungan. Ini penting untuk mencegah kerusakan alam yang lebih parah dari sekarang ini.

Terkait isu pemanasan global tentu sudah sering kita dengar. Baik dari berita di televisi maupun surat kabar atau berbagai macam media. Oleh sebab itu, kita perlu mulai peduli dengan alam kita untuk menjaganya dari dampak penggunaan bahan bahan yang membahayakan lingkungan. Sebagai berikut kita akan membahas teknologi ramah lingkungan terbaik apa saja yang ada di dunia, yuk simak.

Inilah 5 Teknologi Ramah Lingkungan Terbaik Patut Diketahui

Kincir Angin

Apakah Anda tahu kincir Angin? Ya, ini adalah salah satu alternatif sumber energi untuk pengganti bahan bakar fosil. Kincir bergerak karena memanfaatkan energi angin sehingga menghasilkan energi lainnya yakni energi listrik dan bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Negara Belanda adalah salah satu negara yang menerapkan teknologi ramah lingkungan bukan hanya sebagai hiasan.

Kincir angin tidak menyebabkan polusi udara sehingga dapat disebut sebagai teknologi yang ramah lingkungan. Tentunya hal ini jauh berbeda dengan penggunaan bahan bakar untuk menghasilkan energi listrik yang berakibat buruk bagi Atmosfer bumi.


Mobil listrik

Mobil listrik mungkin sudah pernah Anda dengar. Teknologi ramah lingkungan ini dirancang mengingat ketersediaan akan bahan bakar semakin menipis setiap harinya. Diharapkan berbagai teknologi ramah lingkungan yang berhasil dimunculkan menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Walaupun sebagaimana yang kita tahu jumlahnya tidak sebanding dengan jenis mobil konvensional , penggunaan mobil listrik ini diharapkan memiliki banyak peminat dan meningkat setiap tahunnya. Keunggulannya bukan hanya dari segi ramah lingkungan tetapi juga dari sisi perawatannya yang mudah.


Biogas

Tahukah Anda, bahwa kotoran hewan sebenarnya dapat diubah menjadi energi yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan manusia. Teknologi ini dinamakan dengan istilah Biogas. Biogas ini diperoleh dari hasil fermentasi bahan bahan jenis organik. Sehingga tidak hanya kotoran hewan saja yang bisa dijadikan bahan biogas melainkan seperti halnya kotoran manusa serta limbah domestik.

Mengapa limbah tersebut dapat diubah menjadi energi? Nah, kotoran sendiri adalah sebab dari adanya zat karbondioksida dan metana. Sehingga kotoran ini dapat menjadi bahan bakar kendaraan ataupun listrik. Selain dapat menghemat biaya, bahan bakar ini juga dapat menjadi cara yang cerdas untuk pengelolaan limbah sehingga tidak akan berdampak buruk bagi lingkungan.


Rooftop Garden

Sekarang sudah banyak sekali bangunan bangunan yang dirancang untuk memiliki taman yang luas di bagian atap. Taman ini berfungsi untuk menyerap panas yang mungkin saja bisa memberikan dampak panas pada rumah. Taman ini juga dapat meminimalisir CO2 serta membuat rumah akan terlihat lebih indah dan menarik.


Panel Surya

Panel Surya seringkali digunakan untuk berbagai macam kebutuhan sehari hari secara pribadi maupun umum. Bagi Anda yang belum tahu, panel surya ini bermanfaat dalam mengubah energi cahaya menjadi aliran listrik. Inovasi ini disebut juga sebagai Photovoltaic cahaya listrik karena terjadinya penyerapan energi matahari yang kemudian menyebabkan adanya arus mengalir diantara dua lapisan dengan muatan berlawanan.


Inilah informasi update yang membahas tentang deretan teknologi ramah lingkungan terbaik yang ada di dunia patut untuk Anda ketahui. Pemanfaatan teknologi ramah lingkungan menjadi tantangan tersendiri bagi para pengembang untuk bisa menciptakan suatu teknologi hijau dengan harga yang terjangkau dan memberikan manfaat kepada masyarakat. Semoga bermanfaat. 

2 comments for "Inilah 5 Teknologi Ramah Lingkungan Terbaik Patut Diketahui"

RajaBackLink.com